Image

Berhasil Pungut Pajak Google, Bagaimana Nasib Facebook dan Twitter?

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 07:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 20 1720395 berhasil-pungut-pajak-google-bagaimana-nasib-facebook-dan-twitter-IIyMLqhm7v.jpg Sri mulyani (Foto: Fakhri Rezy/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia akhirnya berhasil memungut pajak dari Google Asia Pacific Pte Ltd. Ini adalah hasil dari upaya Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Namun, setelah Google, apakah pemerintah akan mengejar perusahaan IT asing layaknya Facebook, twitter dan lainnya?

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, jika mereka beroperasi yang menciptakan penerimaan, maka akan menjadi objek pajak. "Kalau policy dari Kemenkominfo harus ada di Indonesia, ya mereka harus jadi BUT (Bentuk Usaha Tetap)," ujarnya, semalam.

Seperti diketahui, Sri Mulyani sempat mengatakan pihak Facebook juga belum membayar pajak. “Hingga saat ini pemilik perusahaan akun media sosial Facebook dan Google belum membayar pajak kepada negara,” kata dia.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani berjanji akan terus mengejar terkait masalah pembayaran pajak dari pemilik perusahaan Facebook dan Google tersebut.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak, Awan Nurmawan Nuh menegaskan, subjek jika mempuanyai objek di Indonesia harus membayar pajak. Dirinya pun memisalkan perusahaan IT.

"Saya tidak sebut nama, ya harus bisa buktikan mereka punya kehadiran secara fisik doing business di Indonesia," ujarnya.

Dirinya menambahkan, perusahaan-perusahaan IT tersebut akan terus diteliti dan diawasi. Terutama terhadap sumber-sumber penghasilan di Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini