Image

Sandera Penunggak Pajak, DJP: Ini Bukan Kriminal!

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 20 1721029 sandera-penunggak-pajak-djp-ini-bukan-kriminal-VmzlPW0769.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kantor Pusat DJP lewat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Papua Maluku melakukan penyanderaan (gijzeling) terhadap seorang pengusaha pengolahan usaha kayu, di PT PA dengan tunggakan pajak sebesar Rp66,3 miliar.

Menurut Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, tindakan penyanderaan merupakan tindakan terakhir yang terpaksa dilakukan jika pananggung pajak tidak kooperatif untuk menyelesaikan kewajibannya.

"Ini bukan kriminal tapi ini dititipkan dengan kebebasan terbatas. Jadi diambil sementara ditaruh di lapas. Saat dibayar lunas maka dilepas," ujarnya di Lapas Salemba, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Hestu melanjutkan, penyanderaan hanya dilakukan terhadap wajib pajak yang menghutang di atas Rp100 juta. Jika wajib pajak tersebut berniat baik maka penyanderaan tidak dilakukan.

"Tapi jika tidak memiliki niat baik maka akan dilakukan penyanderaan selama 6 bulan dengan opsi jika tidak membayar diperpanjang 6 bulan. Setelah itu bebas, namun ada tindak lanjutan dari DJP yakni penyitaan aset," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini