Image

Bos BEI Pede Pasar Modal RI 'Kebanjiran' Dana Asing

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 16:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 20 278 1720880 bos-bei-pede-pasar-modal-ri-kebanjiran-dana-asing-fgfTRj9fUB.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah aliran dana asing (capital inflow) hampir menembus Rp20 triliun. Dana tersebut dipastikan akan terus masuk ke pasar modal.

"Hampir Rp20 triliun. Tapi kemarin ini ada Rp5 triliun crossing hanya dari pemilik yang tadinya asing ke nama Indonesia jadi Rp25 triliun inflow year to date (ytd)," kata Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Menurutnya, aliran dana asing saat ini lebih tinggi dibandingkan pada 2016. Dana yang diraih saat ini, menurutnya sudah hampir sama dengan realisasi setahun pada tahun kemarin.

"Tahun lalu di bawah Rp 20 triliun, setahun bahkan. Jadi sebenarnya naik banyak sekali. Dan kita percaya akhir tahun ini masih banyak inflow," ungkap dia.

Oleh karena itu, untuk menampung dana asing ini, pihaknya akan terus memperbanyak perusahaan untuk menawarkan saham ke publik (initial public offering/IPO). Selain itu, Tito juga akan mendorong pengembangan produk untuk menampung dana asing.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini