Image

Baru 23 Fintech dan Belasan Gadai yang Tercatat oleh OJK

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 15:16 WIB
https img okeinfo net content 2017 06 20 320 1720772 baru 23 fintech dan belasan gadai yang tercatat oleh ojk JXX5923Pwg jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada 23 perusahaan financial technology (Fintech) yang mendaftar. Namun, dari jumlah tersebut baru 11 perusahaan yang mendapatkan surat bukti terdaftar.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Firdaus Djaelani mengatakan, seluruh perusahaan fintech diminta mendaftarkan usahanya ke OJK paling lambat akhir bulan ini.

"Sudah ada 23, 11 yang sudah mendapatkan surat bukti terdaftar, sisanya masih melengkapi dokumen. Kita minta paling lambat akhir Juni ini. Surat bukti bisa dikeluarkan setelah selesai pendaftaran," jelasnya di Gedung OJK, Selasa (20/6/2017).

Sementara itu, OJK juga mencatat baru belasan perusahaan gadai swasta yang mendaftarkan operasinya. Namun, angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan awal April 2017 yang baru mencapai 6 perusahaan gadai swasta.

"Kita kasih waktu dua tahun sejak aturan tersebut dikeluarkan 6 bulan lalu," kata Firdaus.

Menurutnya, peraturan yang dibuat bagi gadai swasta untuk melindungi konsumen. Meskipun peraturan ini tidak seketat aturan bank, pasalnya perusahaan gadai swasta menggunakan modalnya sendiri, berbeda dengan bank yang menyalurkan kredit dari dana yang dihimpun dari masyarakat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini