Image

Berambisi Bantu Proyek Listrik 35 Ribu Mw, Pindad Anggarkan Rp68 Miliar

Agregasi Selasa 20 Juni 2017, 15:42 WIB
https img z okeinfo net content 2017 06 20 320 1720804 berambisi bantu proyek listrik 35 ribu mw pindad anggarkan rp68 miliar kFb48yq87E jpg Ilustrasi listrik. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pindad optimistis mewujudkan program kelistrikan 35 gigawatt (gw) dengan produk generator untuk remote area. Nantinya, Pindad akan mengikuti konsep dan pola yang ditetapkan pemerintah, yakni melalui independent power producers (IPPs).

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, mengungkapkan bahwa optimismenya dalam andil mendorong terwujudnya ‘Program Kelistrikan Pemerintah 35.000 mw’. “Dengan dukungan pemerintah, kami siap memproduksi generator dengan kualitas tidak kalah dengan produk impor,” ungkap.

Menurut Bram, kemampuan Pindad dalam memproduksi generator tidak diragukan lagi, dia menjelaskan, teknologi generator masih sama. "Untuk kapasitas 10 mw, 25 mw, bahkan 200 mw tidak banyak berbeda,” terang Bram.

“Kami ingin andil mewujudkan harapan pemerintah melalui PT PLN (Persero) dalam menuntaskan rasio elektrifikasi di Tanah Air, khususnya di Wilayah Indonesia Timur dan wilayah pedalaman dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) produk anak bangsa,” jelas dia.

Tahun ini, Pindad telah menginvestasikan dana sebesar Rp68 miliar. “Ini merupakan investasi awal yang kami gunakan untuk mempersiapkan infrastruktur memproduksi generator,” terang dia.

Seperti meningkatkan kapasitas crane hingga 40 tonase, ruang pencelupan, ruang dan peralatan balancing, dan lilit, “Secara teknologi dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), kita sudah mampu,” tambah dia.

Saat ini, Pindad memang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lelang proyek PLTS (Pembangunan Listrik Tenaga Surya) di tiga lokasi di Tanah Air.

“Kalau kita memang sudah memiliki kemampuan, mengapa kita tidak lakukan? Kami tak segan berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan asing. Mulai energi konvensional sampai energi terbarukan, Pindad akan masuk (andil berbisnis),” ungkapnya.

Kepercayaan dari pemerintah, menurut dia, sangat dibutuhkan Pindad, “Jangan ragukan lagi. Beri kami kesempatan untuk andil lebih banyak dalam memproduksi generator dan peralatan lainnya di sektor ketenagalistrikan yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kepastian dan dukungan pemerintah, Pindad siap berinvestasi lebih besar lagi, “Keseriusan kami sudah kami tunjukkan dengan menginvestasi awal Rp68 miliar untuk membangun infastruktur. Kami membutuhkan dukungan penuh pemerintah agar industri dalam negeri lebih berperan di sektor ketenagalistrikan,” ujarnya.

Kini di tengah semangat pemerintah meningkatkan rasio elektrifikasi, PT Pindad manawarkan potensi yang dimilikinya dalam memproduksi generator kapasitas 20-25 mw yang dibutuhkan masyarakat di daerah pedalaman dan terpencil (remote area) yang tersebar seantero negeri. Dukungan pemerintah pun pantas diberikan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini