Image

Penyaluran Subsidi Gas 3 Kg Lewat Satu Kartu Libatkan BI dan OJK

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 15:54 WIB
https img z okeinfo net content 2017 06 20 320 1720823 penyaluran subsidi gas 3 kg lewat satu kartu libatkan bi dan ojk P6nvpGday8 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Puan Maharani melibatkan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam proses mengintegrasikan penyaluran subsidi gas LPG 3 kilogram (kg) dan listrik pada satu kartu. Nantinya, kartu tersebut dihubungkan dengan sistem layanan perbankan.

"Kita minta Gubernur BI berikan berbagai macam masukan sehingga ini memang bisa dilakukan dengan baik secara nontunai. OJK juga kami libatkan, sehingga perbankan ini bisa bersinergi dan terintegrasi dengan semua program-program perlindungan sosial bagi masyarakat," ujarnya di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Namun, kata Puan, sebelum dihubungan dengan layanan perbankan, saat ini yang harus dimatangkan kembali adalah penguatan basis data terpadu. Di mana PLN dan Pertamina mempunyai data sendiri yang berkaitan dengan pelanggan listrik dan pengguna LPG.

Kemudian sesuai UU Fakir Miskin seharusnya semua pemberian bantuan sosial itu dilakukan dengan data BPS yang dihubungkan dengan validasi Kementerian Sosial dan disinkronkan dengan data yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

"Tentu infrastruktur berkaitan dengan hal tersebut, disepakati akan dilakukan terintegrasi, dan sinergi dengan semua kementerian. Juga kemudian apakah bantuan dilakukan dengan barang barang atau nontunai atau uang yang diberikan lewat Kartu Keluarga Sejahtera," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini