Image

Catat! Tol Fungsional Belum Layak Dioperasikan saat Mudik Lebaran

ant, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 16:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 320 1720869 catat-tol-fungsional-belum-layak-dioperasikan-saat-mudik-lebaran-GQPK5QX53j.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, tol fungsional belum layak dioperasikan sehingga tidak seharusnya pemerintah mempromosikan kepada pemudik untuk melalui jalan tersebut.

"Pemerintah terlalu percaya diri dengan beberapa ruas tol yang sudah dibangun khususnya di Jawa dan Sumatera tetapi melupakan beberapa hal krusial terkait dengan kemacetan," kata Tulus di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Tulus menilai tol fungsional adalah jalan tol yang fisiknya sudah jadi tetapi belum sempurna sehingga belum layak digunakan. Karena itu, dia menilai penggunaan jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran sebagai suatu hal yang dipaksakan.

Ia mempertanyakan siapa yang akan bertanggung jawab bila terjadi kecelakaan di ruas tol fungsional karena jalan tersebut belum layak digunakan dan memiliki risiko kecelakaan yang lebih besar.

"Bagaimana kesiapan pendukung dan infrastruktur di jalan tol fungsional. Penggunaan tol fungsional itu pemaksaan. Seolah-olah pemerintah membangun tol hanya untuk urusan mudik saja," tuturnya.

Karena itu, dia menyayangkan sikap pemerintah yang seolah-olah mempromosikan jalan tol fungsional untuk dilalui pemudik. Hal yang sama juga terjadi pada arus mudik tahun sebelumnya yang akhirnya menimbulkan kemacetan panjang di jalan tol.

"Karena dipromosikan, semua orang kemudian membawa kendaraannya masuk ke jalan tol. Akhirnya kemacetan malah mengunci di jalan tol," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini