nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia 5 Profesi Dominan Wanita yang Jarang Dijajal Pria

Agregasi Kamis 22 Juni 2017 15:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 22 320 1722617 ini-dia-5-profesi-dominan-wanita-yang-jarang-dijajal-pria-oLRKPOc9f4.jpg Ilustrasi (Foto: Flickr)

PROFESI-profesi ini memang lebih banyak didominasi oleh wanita, namun pria boleh juga mencobanya. Apa saja profesi itu?

Sejumlah lini profesi kadang didominasi salah satu gender dengan alasan level kemampuan fisik dan produktivitas masing-masing berbeda. Namun, ada saja beberapa jenis pekerjaan yang stereotipnya sudah keburu melekat di benak masyarakat, hingga perusahaan pun melakukan filter gender dalam lowongan kerja.

Tidak sedikit profesi yang dulunya adalah khusus area pria yang mulai dimasuki wanita. Tapi jika dibalik, malah masih sedikit profesi dominan wanita yang populer di kalangan pria. Berikut sejumlah contohnya.

1. Perawat

Mayoritas penggiat profesi ini memang adalah wanita, sampai ada anggapan umum kalau pekerjaan sebagai perawat sifatnya feminin. Namun hal ini bukan berarti tidak ada yang namanya perawat pria. Di Amerika sendiri, profesi perawat perlahan makin diminati oleh kaum pria—meski masih di bawah 10%—dan mereka bahkan memperoleh gaji lebih tinggi dibanding perawat wanita.

Ketidaksetaraan gender dalam profesi dominan wanita ini juga tidak terbatas pada gaji. Sebuah studi juga menemukan bahwa ada perbedaan pada jumlah penempatan perawat wanita dan pria di instalasi-instalasi dalam rumah sakit.

2. Sekretaris

Pekerjaan seorang sekretaris atau administrative assistant umumnya mencakup manajemen waktu dan tugas-tugas administratif. Secara umum, posisi ini bukan posisi pemimpin, jam kerjanya tetap, dan memiliki jenjang karier yang minimal. Setidaknya menurut levo.com, selama ini wanita dianggap lebih mementingkan kehidupan keluarga dibanding kerja, sehingga cocok sebagai sekretaris.

Uniknya, mayoritas sekretaris dan pekerja administratif di Amerika seabad lalu adalah pria. Kini, tak sedikit perusahaan yang langsung mencantumkan preferensi gender wanita di lowongan kerja untuk mengisi posisi sekretaris.

3. Guru TK

Jika diminta membayangkan profesi guru TK, kemungkinan besar yang langsung muncul di benak Anda adalah seorang wanita yang berkarakter sabar dan lembut. Kuatnya image ini menyebabkan minimnya minat pria terhadap profesi ini.

Di Amerika, sekitar 97.5% guru TK atau playgroup adalah wanita. Jika cermat membaca opini publik, di sana guru TK pria bahkan cenderung dipandang dengan penuh kecurigaan.

4. Personel Sales Promotion

Mayoritas personel penjualan dan marketing sering ditemui adalah wanita, sampai-sampai mendominasi satu jalur karier sebagai SPG (Sales Promotion Girl), meski SPG bisa juga diartikan sebagai Sales Promotion Guy.

Ada kemungkinan pertimbangan penempatan wanita atau pria menjadi representatif penjualan juga tergantung jenis produk. Produk dengan target pasar konsumer pria seperti mobil atau rokok biasanya akan menempatkan Sales Promotion Girl.

5. Bidan

Menurut menstuff.org, pria yang membantu proses kelahiran sebetulnya sudah ada sejak abad ke 16, meski kemudian peraturan mengenai partisipasi pria dalam profesi ini banyak mengalami perubahan. Bidan pria memang termasuk minoritas bahkan di belahan dunia lain, namun bukan sama sekali tidak ada.

Ikatan Bidan Indonesia sendiri secara eksplisit menetapkan bahwa seorang bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan dan memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk menjalankan praktik. Demikian ditulis situs Qerja.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini