nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai RTMS, Jasa Marga Janji Urai Kemacetan Lebih Cepat

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 16:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 22 320 1722705 pakai-rtms-jasa-marga-janji-urai-kemacetan-lebih-cepat-zwk6Z3jGyM.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ada yang beda dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam menyiapkan arus hingga balik Lebaran 2017. Kali ini, perseroan menggunakan the Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) untuk mengetahui kecepatan dan jumlah kendaraan sebelum kemacetan terjadi.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menerangkan, RTMS merupakan alat sensor yang di taruh di segmen atau lokasi tertentu. Alat ini sudah di desai dengan kritikal kepadatan yang sudah disepakati sebelumnya.

Misalnya, pada saat laju kendaraan yang melewati alat sensor mulai mengalami pengurangan kecepatan yang telah disesuaikan, maka hasilnya akan dikoordinasikan langsung dengan pihak kepolisian.

"Jadi kita akan laporkan hasil RTMS ini ke NTMC dan polisi nanti yang akan mengurai kendaraan sebelum ada kemacetan," tuturnya di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Selain itu, lanjut Dessi, persiapan yang dikhususkan Jasa Marga pada jalan tol Jakarta-Cikampek. Ruas tol ini menjadi yang paling kritis selama arus mudik, sebab ini menjadi jalan awal kendaraan pemudik.

"Untuk itu, kita di Jakarta-Cikampek kami tambah gardu yang biasanya 13 menjadi 20. Kalau di monitor sekarang, malah agak ke lewat lancar. Jadi kemarin kita diminta untuk menghambat sedikit supaya di satu titik tidak terjadi penumpang," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini