Share

Terinspirasi Teater, Shanghai Bangun Gedung Keuangan Baru

Giri Hartomo, Okezone · Minggu 25 Juni 2017 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 25 470 1724596 terinspirasi-teater-shanghai-bangun-gedung-keuangan-baru-AeTI7EVO0A.jpg Gedung Keuangan China. (Foto: Amusingplanet)

JAKARTA - Sebuah gedung keuangan baru sedang dibangun di dekat tepi laut kota tua Shanghai. Dirancang oleh perusahaan arsitektur Inggris, Foster + Partners dan Heatherwick Studio, pembangunan seluas 420 ribu meter persegi mencakup dua menara tengara setinggi 180 meter.

Dilansir Amusingplanet, menara tersebut nantinya berisi kantor, hotel butik, dan berbagai ruang ritel mewah. Inti dari skema ini adalah pusat seni dan budaya dengan facade fleksibel yang bisa diubah untuk secara dramatis mengubah tampilan bangunan.

Terinspirasi oleh teater tradisional China, bangunan bertingkat tiga ini memiliki fasad mirip tirai dari tabung perunggu yang menyerupai bambu. Tabung ini digantung di tiga lapisan, membuat layar semi transparan di depan jendela dan balkon.

Ketika desain pertama kali diumumkan, arsitek menggambarkan fasad ini sebagai "Cekungan yang bergerak, dan menyesuaikan dengan perubahan penggunaan bangunan, mengungkap panggung di balkon dan pemandangan menuju tower Pudong".

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini