Share

Direnovasi, Stasiun Terbesar China East Guangzhou Punya Kanopi Bercahaya

Giri Hartomo, Okezone · Senin 26 Juni 2017 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 26 470 1724843 direnovasi-stasiun-terbesar-china-east-guangzhou-punya-kanopi-bercahaya-E8SvsENUNs.jpg East Guangzhou

JAKARTA - Salah satu stasiun perkeretaapian terbesar di China baru-baru ini melalukan renovasi ekstensif pada pintu masuk utamanya. Pintu utama tersebut dibalut kanopi bercahaya yang tampak indah.

Dilansir Inhabitat, adalah arsitektur dan lembaga penelitian SCUT yang melakukan renovasi Stasiun Kereta Api Guangzhou Timur tersebut. Renovasi tersebut dilakukan dengan memasang elemen lanskap buatan, memperbaiki ruang publik, dan mengenalkan serangkaian fasilitas yang memenuhi persyaratan stasiun kereta api modern.

Stasiun ini dibangun pada pertengahan 1990-an, namun stasiun tersebut mengalami jalur sirkulasi dan ventilasi yang kurang terorganisasi. Barulah pada 2010, saat Guangzhou memenangkan tender untuk menjadi tuan rumah Asian Games akhirnya ada kesempatan untuk meningkatkan versi stasiun dan mengubahnya menjadi ruang publik yang berharga dan seharusnya.

Para arsitek memotong beberapa bukaan ke lantai agar cahaya alami bisa masuk kedala. Mereka juga memindahkan pintu masuk utama dari lantai dasar ke tingkat atas dan menciptakan kanopi kaca melengkung yang melindungi pejalan kaki dari sinar matahari dan hujan.

Yang unik, semua elemen logam tersebut bersifat modular, dan semuanya dibuat di pabrik lokal dan dipasang di tempat.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini