nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Macet Arus Balik, Menhub: Saya Anjurkan Lewat Pantura

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 12:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 30 320 1726058 waspadai-macet-arus-balik-menhub-saya-anjurkan-lewat-pantura-e0AaN0lA0k.jpg Foto: (Giri/Okezone)

SEMARANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi banyak pemudik yang memilih jalur tol dalam arus balik kali ini. Sehingga dirinya menganjurkan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar melalui jalur pantura.

Menhub juga mengatakan bahwa pemudik yang akan melalui jalur pantura tidak perlu mengkhawatirkan kenyamanan perjalanan di jalur tersebut. Pasalnya, pihak kepolisian telah melakukan berbagai langkah untuk mendukung arus balik di jalur pantura.

"Masih banyak pemudik akan lewat jalan tol, jalur pantura memang saya anjurkan, kalau jalur pantura sendiri saya mengapresiasi kesiapan luar biasa pihak kepolisian," ujar Menhub sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Perhubungan, Jumat (30/6/2017).

Menhub menjelaskan jalur pantura telah dipersiapkan untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran. Kesiapan ini terlihat dari beberapa aspek, di antaranya ditiadakannya pasar tumpah oleh gubernur, tersedianya paket BBM dalam kemasan, serta penjagaan petugas kepolisian dan unsur terkait lainnya.

Selain itu, Menhub juga mengimbau pemudik sepeda motor khususnya yang berasal dari wilayah Jawa Tengah untuk beralih menggunakan kapal. Menhub mengatakan, untuk memfasilitasi para pemudik yang menggunakan motor, tahun ini Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal jurusan Tanjung Emas–Tanjung Priok.

"Pemudik sepeda motor pakai yang gratis ada di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, masih ada 4 voyage lagi, yaitu tanggal 30 Juni, lalu 2, 4, dan 6 Juli," ujarnya.

Selain itu, Menhub juga mengingatkan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar tidak berhenti terlalu lama di rest area karena dapat memicu kemacetan pada ruas jalan.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini