Image

Tambah 28 Rute Penerbangan Baru, Jumlah Penumpang Diprediksi Tumbuh 11%

ant, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017, 14:33 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 01 320 1726456 tambah 28 rute penerbangan baru jumlah penumpang diprediksi tumbuh 11 Dvk2YbOLtF JPG Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejumlah maskapai di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I, selama periode Januari-Juli 2017 membuka 28 rute penerbangan baru sebagai upaya menggencarkan konektivitas transportasi udara dan pengembangan pariwisata daerah tengah dan timur Indonesia.

"Kami senantiasa mendukung terwujudnya konektivitas transportasi udara yang seiring dengan pertumbuhan industri pariwisata melalui insentif dan inisiatif program bidang pariwisata yaitu 'Collaborative Destination Development'," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S Baskoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Menurut dia, kunci sukses untuk mengembangkan industri pariwisata dan penerbangan adalah pengembangan kolaborasi antara program pemerintah, maskapai, dan bandara.

Ia mengatakan, pembukaan 28 rute baru tersebut terdiri dari 20 rute domestik dan delapan rute internasional. Sebanyak 28 rute baru tersebut di antaranya dibuka oleh maskapai Garuda Indonesia dengan rute Manado-Gorontalo, Ambon-Kaimana, Ambon-Surabaya, dan Ambon-Sorong.

Lion Air yang membuka rute Kinabalu-Denpasar, Balikpapan-Pontianak, Kualalumpur-Solo, Kualalumpur-Surabaya, dan Surabaya-Palembang.

Malindo Air yang membuka rute Kualalumpur-Denpasar-Brisbane, Sriwijaya Air yang membuka rute Sentani-Surabaya, Lampung-Surabaya, Lampung-Yogyakarta, Semarang-Makassar, Makassar-Mamuju.

Susi Air yang membuka rute Ambon-Sanana-Maluku Utara, Wings Air yang membuka rute Manado-Raja Ampat, Manado-Sangir Talaud-Merauke, dan Ambon-Dobo.

Air Asia Indonesia yang membuka rute Kualalumpur-Lombok dan Kualalumpur-Yogyakarta, Dimonim Air yang membuka rute Kisar (Maluku)-Ambon, Batik Air yang membuka rute Ambon-Makassar dan Ambon-Jakarta.

Air New Zealand yang membuka rute Auckland-Denpasar, dan Air Asia yang membuka rute Kualalumpur-Solo dan Denpasar-Narita.

Sementara itu, terdapat dua rute baru yang dibuka pada periode Ramadan dan angkutan Lebaran ini yaitu Makassar-Mamuju oleh Sriwijaya Air dan Denpasar-Narita oleh Air Asia.

Pembukaan 28 rute baru ini oleh maskapai seiring dengan upaya Angkasa Pura I untuk mengembangkan industri pariwisata daerah melalui inisiatif program Collaborative Destination Development (CDD) yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan industri pariwisata daerah dari mulai pemerintah pusat dan lokal, maskapai, asosiasi perusahaan perjalanan, dan institusi terkait lainnya.

"Selain program CDD, untuk mendukung perwujudan konektivitas udara dan pengembangan industri pariwisata, Angkasa Pura I juga memberikan insentif bagi maskapai yang membuka rute baru dan menambah frekuensi terbang," katanya.

Melalui program CDD, lanjut Danang, Angkasa Pura I berupaya merangkul dan mendorong para pemangku kepentingan untuk saling berkolaborasi agar terwujud pengembangan ekonomi kawasan yang merata dan pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

"Melihat jumlah pembukaan rute baru hingga tengah tahun 2017 ini, kami optimis bahwa pergerakan penumpang pada 2017 ini dapat mencapai 90 juta penumpang, tumbuh sekira 11% dari pergerakan penumpang tahun 2016 yang sebanyak 83,8 jutaan penumpang," kata Danang. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini