nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Dipindahkan, Berapa Biayanya?

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 08 Juli 2017 05:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 07 470 1731130 ibu-kota-dipindahkan-berapa-biayanya-b7Bg9IkjhD.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Rencana pemindahan ibu kota negara kembali mencuat pada tahun ini. Pemerintah pun semakin serius untuk melakukan kajian terkait rencana pemindahan ibu kota ini.

Pemindahan ibu kota memang perlu dilakukan mengingat semakin padatnya Jakarta yang berbaur sebagai pusat bisnis. Hanya saja, pemerintah diharapkan untuk melihat dinamika secara lebih dalam terkait waktu pemindahan ibu kota.

Pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai, anggaran adalah hal utama yang perlu menjadi perhatian dari pemerintah. Sebab, jika pemindahan dilakukan di luar Pulau Jawa, maka akan membutuhkan anggaran yang begitu besar.

"Kalau kita lihat biaya pemindahan ibu kota ini cukup besar. Kalau dulu studinya Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) saja, Pak SBY itu ada salah satu opsi pindah ke daerah Jonggol ya, di Jawa Barat, itu kan masih 40 kilometer (km) dari Jakarta. Itu biayanya minimum Rp100 triliun pada waktu itu atau 4,7% dari belanja APBN di zamannya Pak SBY," kata Bhima kepada Okezone di Jakarta.

Kebutuhan anggaran akan semakin besar jika infrastruktur pendukung belum tersedia. Padahal, infrastruktur pendukung mutlak dibutuhkan untuk menjalankan roda pemerintah pusat.

"Kalau rencananya mau pindah ke luar Jawa dengan fasilitas yang belum memadai, infrastruktur yang belum siap, maka bisa jadi bengkak ya biayanya, lebih dari pada itu," kata Bhima.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini