nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota RI Pindah, Sofyan Djalil: Butuh Ratusan Ribu Hektare!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 17:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 07 470 1731148 ibu-kota-ri-pindah-sofyan-djalil-butuh-ratusan-ribu-hektare-DCs82hDAaE.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus mengkaji wacana pemindahan ibu kota dari luar Pulau Jawa. Dalam rencana ini, pemerintah akan memindahkan pusat pemerintahan sehingga akan terpisah dari pusat bisnis di Jakarta.

Kajian dilakukan di bawah koordinasi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. Tak hanya itu, kajian juga dilakukan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

"Kita masih mencari alternatif-alternatif, kan belum keputusan, baru menentukan studi," kata Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Menurut Sofyan Djalil, pemerintah membutuhkan daerah yang cukup luas. Pemerintah sendiri telah memiliki 3 daerah kandidat calon ibu kota. Dari ketiga daerah tersebut, Sofyan mengungkapkan 2 di antaranya berada di Kalimantan.

"Itu akan jadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Harus cukup luas, ratusan ribu hektare," tuturnya.

Saat ini, Kementerian Agraria dan Tata Ruang masih melakukan kajian terkait ketersediaan lahan. Kalimantan menjadi kandidat karena tersedianya lahan yang luas pada daerah ini.

"Kalau semua lahan yang tidak dimiliki masyarakatkan lahan pemerintah," tutupnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini