Image

Tahun Ini, Saham Syariah RI Harus Tembus Malaysia

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017, 17:00 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 13 278 1735610 tahun ini saham syariah ri harus tembus malaysia 0pb5P7zcua jpg BEI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memaksimalkan peran saham syariah untuk menggenjot pertumbuhan likuiditas di pasar modal. Salah satu upayanya adalah dengan menjalin kerjasama dengan pasar modal Malaysia. 

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan menjelaskan, dengan terbukanya akses ini maka investor Indonesia bisa membeli saham syariah Malaysia. Sebaliknya, investor Malaysia dapat mengoleksi saham syariah dari pasar modal Indonesia.

"Jadi saham syariah yang ada di bursa efek juga bisa ditransaksikan oleh bursa Malaysia. saat ini sedang finalisasi dan belum berjalan," ujarnya di Gedung BEI, Kamis (13/7/2017). 

Pemilihan Malaysia sebagai rekan kerjasama, kata Nicky, lantaran pasar modal Malaysia memiliki produk syariah yang cukup besar. Jumlahnya, tidak berbeda jauh dengan produk syariah di pasar Indonesia yang mencapai lebih dari 300 saham syariah. "Pasar modalnya syariah Malaysia salah satunya yang terkuat selain Indonesia," ungkapnya.

Proses kerjasama ini sendiri, ujar Nicky, telah digagas sejak 2016, dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara dua negara. Akan tetapi, tahapan kerjasama belum mencapai pembahasan secara teknis. "Soal teknis sedang kami kerjakan. Tahun ini, bisa transaksi dan ada realisasinya," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini