Image

Pindah Ibu Kota, Jangan Lupakan Daerah Penyangga!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 07:38 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 14 470 1736439 pindah ibu kota jangan lupakan daerah penyangga DGiBCEOS0Z jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Wacana pemindahan ibu kota semakin serius untuk diimplementasikan oleh pemerintah. Hanya saja, pemerintah di bawah komando Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro masih merahasiakan daerah yang menjadi tujuan pemindahan ibu kota negara.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam wacana pemindahan ibu kota ini. Salah satunya adalah harus tersedianya daerah hinterland atau daerah penyangga.

Daerah penyangga ini penting untuk dimiliki sebagai penyedia berbagai kemudahan dari sebuah ibu kota. Salah satunya adalah perumahan bagi kalangan pekerja.

"Daerah penyangganya juga harus dipikirkan. Terutama nanti untuk rumah PNS-nya. Jangan sampai nanti bangunan pemerintahnya saja, (tapi) rumah untuk PNS-nya saja tidak disiapkan," kata Bhima kepada Okezone.

Pemindahan PNS juga akan menjadi salah satu pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah. Pasalnya, butuh waktu dan fasilitas yang juga harus disediakan oleh pemerintah sebelum memindahkan PNS tingkat kementerian atau lembaga.

"Nah untuk transisi pemindahan dari PNS itu kalau enggak salah jumlahnya ada 950.000 orang ya PNS dari kementerian dan lembaga. Itu kalau hijrah semua 950.000 orang butuh waktu cukup lama sampai 3 tahun," tuturnya.

Untuk itu, pembangunan infrastruktur harus benar-benar dipersiapkan oleh pemerintah. Pemerintah pun harus mempersiapkan dana dari APBN hingga utang untuk membangun proyek infrastruktur yang kurang diminati oleh swasta.

"Infrastrukturnya harus disiapkan," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini