Image

Jadi Pembicaraan, Mendag: Mana Pernah Kita Takut dengan Utang!

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 16:56 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 17 20 1738263 jadi pembicaraan mendag mana pernah kita takut dengan utang JSPOmpcoTd jpg Foto Mendag (Trio/Okezone)

JAKARTA - Ramainya pemberitaan soal utang Indonesia yang dianggap meresahkan negara membuat Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita pun turut angkat suara.

Enggar menekankan bahwa Pemerintah Indonesia tak pernah khawatir persoalan utang dapat mengganggu Indonesia sebagai sebuah negara.

Adapun besaran utang RI hingga Mei 2017 sebesar Rp3.672,33 triliun. Utang tersebut terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp2.943,73 triliun (80,2%) dan pinjaman sebesar Rp728,60 triliun (19,8%).

Menurut dia, utang sebesar itu yang saat ini ditanggung Indonesia disalurkan ke sektor-sektor produktif sehingga memberikan dampak positif untuk kemajuan negara.

"Itu pasti banyak produktifnya. Dan kita bisa lihat pembangunan bangsa sampai seperti ini belum pernah terjadi dan luar biasa, mana pernah kita takut dengan utang," kata Enggar di kantornya, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Dia pun menganalogikan utang Indonesia dengan utang pengusaha. Seorang pengusaha besar menurutnya bukan menjadi hal aneh apabila memiliki utang yang juga tidak sedikit. Maka sebagai sebuah negara, wajar bila Indonesia memiliki utang mencapai ribuan triliun Rupiah.

"Dibilang kita terjerembab sama utang. Saya mau sampaikan sebenernya adalah sebagai pengusaha kalau saya ditanya, Pak Rahmad (pengusaha) itu utangnya berapa utangnya cuma Rp500 miliar. Nah itu agak memalukan karena sekaliber Pak Rahmad itu utangnya di atas Rp1 triliun, jadi itu sebagai contoh," lanjut Enggar.

"Jadi asal utang itu dipakai untuk sesuatu yang produktif bukan untuk kawin lagi," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini