Image

Utang Membengkak tapi Kemiskinan Tak Berkurang, Apa Kata Menko Darmin?

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 17:53 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 17 20 1738353 utang membengkak tapi kemiskinan tak berkurang apa kata menko darmin ljdD08c265 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan Indonesia masih menyisakan penduduk miskin sebanyak 27,77 juta atau 10,64% dari total penduduk. Artinya bertambahnya utang Indonesia tak sejalan dengan pengentasan kemiskinan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa utang Indonesia belum begitu dirasa dalam mengurangi penduduk miskin lantaran utang difokuskan untuk membangun infrastruktur.

"Utang pemerintah itu kan banyak arahnya ke infrastruktur. Tergantung tahapnya kalau infrastruktur itu, kalau tahapnya baru pinjaman tapi belum ada pembangunan ya nggak akan menurunkan (kemiskinan)," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Namun, Darmin memastikan ketika pembangunan sudah berjalan, maka imbasnya akan mengarah kepada pengurangan angka kemiskinan di Indonesia. Sebab dengan ditopang infrastruktur maka perekonomian akan bergerak.

"Biasanya pengaruhnya lumayan bagus. Karena orang yang bekerja di waktu pembangunan, itu umumnya yang bekerja adalah yang menengah ke bawah," lanjut Darmin.

Darmin pun menyebutkan bahwa gini ratio atau tolok ukur kesenjangan di Indonesia rentangnya semakin menipis. Namun dia mengakui bahwa angka kemiskinan mengalami peningkatan.

"Tingkat kemiskinannya nambah sedikit. Ya, itu adalah hal-hal yang sifatnya kalau menurut saya bukan yang mendasar itu karena persoalan harga, persoalan produksi," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini