Image

Aturan Tarif Uber Cs Jadi Sentimen Positif? Emiten Taksi Masih Harus Sabar

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 06:28 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 17 278 1738056 aturan tarif uber cs jadi sentimen positif emiten taksi masih harus sabar UoST4LoXGN jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya mengatakan dengan adanya aturan taksi online yang membuat tarifnya sama dengan taksi konvensional belum memberikan pengaruh positif bagi emiten taksi.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memberlakukan Peraturan Menteri (PM) Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek awal Juli 2017. Salah satu poin di dalamnya menetapkan batas atas dan batas bawah tarif taksi online.

"Kalau pun disamakan (tarif) mungkin dampaknya tak akan terlalu signifikan karena saya melihatnya begini, bukannya tidak signifikan, hanya saja mungkin butuh waktu juga untuk bisa terpengaruh (emiten taksi)," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Alhasil, dua pemain besar taksi konvensional yang sahamnya tercatat di bursa efek, yakni PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) dan PT Blue Bird Tbk (BIRD) masih harus menunggu waktu untuk dapat mencicipi kebijakan yang diharapkan mampu menjadi sentimen positif buat kinerja emiten tersebut.

"Karena gini, orang beberapa lebih mudah menggunakan aplikasi, sudah terbiasa menggunakan aplikasi dan rasanya lebih jelas dan lebih mudah misalnya untuk pesan (order), tidak perlu telefon," paparnya.

Namun, lambat laun semestinya emiten taksi bakal terdampak positif dengan adanya aturan yang membuat besaran tarif taksi online dan konvensional tak begitu timpang dan terpaut jauh. Namun, promo yang kerap diluncurkan taksi online masih patut diwaspadai.


"Dari sisi pengguna, pengguna sekarang harusnya sudah jauh lebih jeli karena hampir mirip kan tarifnya hanya ya. Nanti tinggal lihat apakah yang taksi online ini masih sering mengeluarkan atau melancarkan promo atau tidak kan mereka sering ngasih promo," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini