Image

Ingat! Ancaman Emiten Taksi Bukan Hanya Angkutan Online Roda Empat

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 06:41 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 17 278 1738068 ingat ancaman emiten taksi bukan hanya angkutan online roda empat JxYkTirUUe jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengguna jasa layanan taksi konvensional kian hari kian berkurang. Menurunnya peminat taksi online memberi pengaruh terhadap kinerja emiten taksi, mulai dari sisi keuangan hingga saham.

Selama ini yang dijadikan kambing hitam atas meredupnya kejayaan emiten taksi adalah munculnya taksi berbasis online. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya memaparkan bahwa ada sejumlah faktor lain yang patut disoroti.

"Karena kan ini persaingan tidak hanya terdiri dari taksi konvensional dan online karena kita melihat yang motor kan (ojek online)," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Dia menilai sebelum menjamurnya taksi online, ojek online secara langsung maupun tidak langsung telah mencaplok pasar milik emiten taksi dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan ojek online.

"Kan dengan macet orang memilih naik Go-jek (ojek online), Belum lagi, Go-jek makan pangsa pasar orang yang sejatinya biasanya mau keluar nyari makan naik taksi dia bisa Gofood (order makanan). Jadi jangan hanya dilihat dari online dan konvensional yang roda empat," lanjut Wiliam.

Bahkan, jauh sebelum kehadiran ojek online, dia mengatakan bahwa emiten taksi sudah dihadapi oleh tantangan dari sejumlah restoran yang memiliki layanan pesan antar. Sehingga banyak orang lebih memilih memesan makanan dan menunggu di rumah ketimbang pergi ke restoran dengan menggunakan taksi.


"Mereka kan sadar atau pun tidak mereka sudah tergerus dengan layanan delivery dari perusahaan penjual makanan itu. Jadi sebelum ada Gofood, sebelum ada taksi online itu semua sebenarnya mereka sudah tergerus dengan itu kalau saya lihat ya hanya mereka tak menyadari itu," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini