Image

Ambisi Bangun Mobil Listrik, Menhub Janjikan Reformasi Sertifikasi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 17:22 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 17 320 1738301 ambisi bangun mobil listrik menhub janjikan reformasi sertifikasi HTEzWUlzxO jpg Ilustrasi Mobil Listrik. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Inovasi moda transportasi mobil listrik mendapat dukungan dari berbagai pihak. Berkaca dari negara maju yang serius dalam mengembangkan proyek ini, Pemerintah Indonesia pun mulai mengekor pembuatan mobil listrik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mereformasi pemberian sertifikasi dan perizinan mobil listrik. Dengan demikian, maka akan memberikan kemudahan bagi produsen mobil listrik untuk melegalkan karyanya.

"Yang akan datang kita akan lebih lugas dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat," ujarnya di Kongres Teknologi Nasional, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Akan tetapi, dia juga berpesan kepada para produsen untuk melakuakn sinergi dengan Pemerintah. Caranya, dengan melengkapi persyaratan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia juga mengharapkan, mobil listrik ini membawa kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Kita tidak ingin memberikan sertfikasi, memberikan endorsment tetapi endorsment itu tidak maksimal," tegas dia.

Sekadar informasi, proyek mobil listrik ini sudah mencapai tahapan prototipe oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Harapan Pemerintah, mobil listrik dapat menjadi pengganti mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini