Image

Soal Gini Ratio, Menko Darmin: Itu Enggak Turun, tapi Enggak Naik Juga!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 17:37 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 17 320 1738326 soal gini ratio menko darmin itu enggak turun tapi enggak naik juga FF735Y0wo8 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia yang diukur oleh gini ratio pada Maret 2017 sebesar 0,393 atau menurun sebesar 0,001 poin jika dibandingkan dengan gini ratio September 2016 sebesar 0,394.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution mengatakan, gini rasio saat ini menurun tipis sehingga bisa dibilang stagnan.

"Ah itu mah bukannya naik, sedikit, dulu kita itu 0,394, ya praktis enggak turun tapi enggak naik juga," ungkap Darmin di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurut, Darmin mengatakan memang untuk menuntaskan permasalahan ketimpangan tidaklah mudah. Sehingga turun 0,001 poin itu merupakan sebuah prestasi.

"Apa namanya memang yang namanya pemerataan itu usaha yang tidak mudah, itu perubahan itu kalau terjadi itu kecil-kecil, bahwa dia tidak memburuk kita harus syukuri, memang tidak membaik itu juga betul, nah bagaimana ada hubungannya dengan macam-macam, dengan musim hujan yang banyak, kemudian harga beras jatuh, saya enggak tahu itu per bulan apa," jelasnya.

Menko Darmin menjelaskan, selama ketimpangan tidak naik maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Menurutnya salah satu faktor turunnya gini ratio karena harga komoditi pangan yang sempat naik sehingga harga jual petani juga meningkat. Tapi ia tidak mau bilang itu faktor utamanya hanya saja kemungkinan contohnya seperti itu.

"Jadi enggak, saya enggak merasa risau yang penting tidak naik, memang harus dibaca lebih teliti, saya tidak berani bilang persisnya apa saja, tapi itu boleh jadi ada kaitannya dengan harga komoditi pangan yang musim hujan banyak yang meningkat, tapi buat saja itu ya enggak naik," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini