Image

Glodok Cs Sepi, Mendag: Itu Tidak Bisa Diingkari!

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 17:40 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 17 320 1738329 glodok cs sepi mendag itu tidak bisa diingkari fARcpgcO0X jpg Foto Situasi Pasar Glodok (Trio/Okezone)

JAKARTA - Di tengah gempuran e-commerce atau toko online, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa banyak pelaku usaha di toko-toko fisik yang mengeluh karena penurunan penjualan.

"Itu terjadi di beberapa kota besar. Ada keluhan penjualan menurun. Tapi kami dapat info penjualan offline meningkat," kata Enggar di kantornya, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Namun, berdasarkan hasil temuan di lapangan, Enggar mengakui bahwa memang terjadi penurunan penjualan di sejumlah daerah, termasuk di Jakarta sebagai pusat bisnis. Hal itu membuat pelaku usaha cukup tertekan.

"Di kota yang agak kecil penurunan penjualan tidak terlalu tajam seperti di Jakarta karena mereka butuh tempat keluar (hangout). Nah jenisnya nanti kita coba evaluasi jenis apa aja yang turun," paparnya.

Enggar memastikan bawah pihaknya akan melakukan pengecekan lebih mendalam terkait lesunya penjualan di sejumlah pusat perbelanjaan yang membuat pelaku usaha gigit jari. "Jenis komoditi apa yang turun. Tapi memang tidak bisa ingkari ada yang menurun," lanjutnya.

Menurut Enggar siklus jual beli akan segera kembali normal dan tindak volume jual beli akan kembali pulih dan mengalami peningkatan. Sehingga diharapkan roda perekonomian tetap bergerak ke arah positif.

"Yang dilakukan pemerintah juga nanti akan meningkat jualannya. Dengan turunnya gaji PNS ke 13, bonus. Hanya kemarin menahan (konsumsi) karena biayain uang sekolah. Jadi pengaturan cashflow (pengeluaran) aja," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini