Image

Neraca Perdagangan Surplus, Menko Darmin: Lumayan tapi Ada Perlambatan

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 18:35 WIB
https img z okeinfo net content 2017 07 17 320 1738402 neraca perdagangan surplus menko darmin lumayan tapi ada perlambatan iwxTbfOgYS jpg Foto Menko Perekonomian Darmin Nasution di DPR (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis neraca perdagangan Indonesia kembali mengalami surplus selama semester I-2017 (Januari-Juni). Berdasarkan data BPS, nilai ekspor dan impor pada pertengahan tahun 2017 mengalami surplus sebesar USD7,63 miliar.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution mengatakan, prestasi neraca perdagangan di semester I ini lebih baik dibandingkan neraca perdagangan bulanan.

"Ekspor kita ya kita lumayan baik, kalau dihitung bulan ke bulan sebetulnya ada perlambatan tapi kalau year to date Januari-Juni dibanding tahun lalu pertumbuhannya masih oke masih 17%-18% gitu-gitu," ungkap Darmin di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, nilai ekspor yang mengalami surplus juga lumayan baik sehingga dampaknya terhadap perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih positif. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana posisi ekspor dan impor pertumbuhannya terus negatif sehingga dampaknya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tidak bagus.

"Tapi sekarang bagus. Pertumbuhan ekspor sendiri saya enggak ingat berapa pertumbuhan targetnya (4,8%) kalau sekarang masih 16%, 17%, 18% sampai akhir tahun itu tidak akan jauh pertumbuhannya," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini