Image

Penjualan Menurun, Pengusaha Ritel: Masyarakat Mau Cari Diskon

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 18:45 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 17 320 1738412 penjualan menurun pengusaha ritel masyarakat mau cari diskon 0XWhxn7JS3 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengungkapkan alasan adanya kecenderungan penjualan ritel menurun. Selain karena melemahnya daya beli, menurut dia masyarakat juga menunggu momentum yang tepat.

"Mungkin mau cari diskon dulu, harga terbaik, cari momen dulu baru berbelanja karena kan di masyarakat kita ada lapisan menengah, atas dan bawah," katanya di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Dijelaskan dia, antara kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas memiliki kecenderungan yang berbeda terkait pilihan untuk menahan diri dari bersikap konsumtif.

"Lapisan bawah ini yang kaitannya dengan daya beli, tapi kalo lapisan menengah dan atas mereka sebenarnya punya uang cuma mencari momen yang terbaik aja," paparnya.

Namun mirisnya, saking menurunnya penjualan di pusat-pusat perbelanjaan dia menyebutkan penurunan penjualan ritel juga terjadi pada saat Ramadan dan Lebaran. Penurunannya pun signifikan. "Agak turun ya, bisa 30% sampai 40%," lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa penjualan ritel pada Juli ada tren penurunan yang disebabkan faktor musim masuk sekolah sehingga alokasi dana masyarakat terpusat di sana.

"Agustus mulai akan naik tapi tidak sepenuhnya, turun lagi, akhir Agustus naik lagi, volatile naik turun," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini