Image

Tingkatkan Produksi hingga 2025, Ini Cara SKK Migas

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 19:36 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 17 320 1738461 tingkatkan produksi hingga 2025 ini cara skk migas YTRvnpigKw jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menyampaikan proyeksi SKK Migas untuk produksi minyak dan gas bumi hingga 2025 kepada Komisi VII DPR dalam rapat dengar pendapat. Hasil proyeksinya, minyak dipastikan turun dan gas relatif naik turun produksinya.

"Gambaran lifting ini kita jelaskan bahwa proyeksi sampai 2025. Jadi dari 2017 sampai 2025 itu dari angka minyak sudah dipastikan turun dan gas relatif naik turun," ujarnya di ruang rapat Komisi VII, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Kendati menurun, Amien mengatakan bahwa produksi minyak masih bisa dipertahankan dengan penemuan cadang yang sedang dikerjakan dalam sembilan proyek yang sedang berjalan. Adapun kesembilan proyek ini yakni Tropik Energi Pandan-Ario Damar, Odira Karang Agung-Ridho Field, PHE WMO PHE 12, HCML BD, PEP-Pipeline Gas Lift BW, ENI Muara Bakau, Petrochina Sabung-WB SB, dan EMCL.

"Kita harpakan produksi minyak ini. Secara natural akan turun, tapi produksi proyek ini yang diharapkan segera selesai. Tapi meski ada proyek ini, sekarang ada belum bisa diprediksi ," ujarnya.

Sementara untuk gas, Amien mengatakan, sekarang ada 14 proyek yang diproyeksikan bisa menambah produksi gas. Adapun proyek tersebut yakni, HCML Madura BD, PCML Kepodang-Phase II, PHE WMO PHE 12, PHE WMO PHE 24, E Sengkang-Kampung Baru COMP, Eni Muara Bakau, Petrochina Jabung-Westbetara/Southbetara, JOB Pertamina-Medco Simenggaris, PEP Meatindok, PEP Paku Gajah, PEP CTDP, PEP SKG Musi Timur, dan PEP-L Parigi

"Proyek ini yang kita harapkan bisa meningkat produksi gas," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini