Image

Proyek Jaringan Pipa Gas Mangkrak 11 Tahun, Komisi VII: Ini Aneh bin Ajaib!

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 20:06 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 17 320 1738482 proyek jaringan pipa gas mangkrak 11 tahun komisi vii ini aneh bin ajaib 1uMrexPVAO jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat adanya pembangunan jaringan pipa gas Cirebon-Semarang yang sejak 2006 belum juga terealisasi hingga sekarang. Proyek yang digrap PT Rekayasa Industri beralasan belum merealisasikan proyek tersebut karena belum adanya pasokan gas.

Anggota Komisi VII Kurtubi pun mempertanyakan hal ini. Dia heran, mengapa pasokan gas belum ada tapi lelang jaringan gas pipa sudah dilakukan.

"Masa pipa dibangun hulu enggak ada gas. Pipa baru boleh dibangun, dengan kepastian kapan, berapa produksi, setelah itu baru siapa yang bangun jaringannya. Ini aneh bin ajaib," ujarnya, di ruang rapat Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, karena memang keputusan lelang bukan pada pemerintah sekarang, maka perlu suatu perbaikan dalam proses lelang pembangunan jaringan pipa ke depannya. Dengan catatan, sistem pembangunan jaringan bisa dilelang asal status hulu sudah final seperti gas sudah ada, kapan waktu onstream dan sebagainya.

"Jadi saya minta ada kepastian dulu, supaya tidak terbangun. Kalau bisa malah yang bangun jaringan pipa negara, supaya tidak ada lagi kejadiannya," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini