Image

Pertamina Garap 6 Proyek Kilang, Bagaimana Perkembangannya?

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 20:27 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 17 320 1738497 pertamina garap 6 proyek kilang bagaimana perkembangannya ZmLm7AulJu jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Komisi VII DPR menggelar rapat dengar pendapat dengan pemerintah termasuk PT Pertamina (Persero). Untuk Pertamina, Komisi VII meminta update pembangunan megaproyek pengembangan atau modifikasi kilang yang atau disebut Refinery Development Master Plan (RDMP) maupun pengembangan kilang baru atau disebut Grass Root Refinery (GRR).

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman mengatakan, pembangunan untuk RDMP Balikpapan Front End Engineering Design (FEED) sudah selesai. Sekarang, pembangunannya memasuki tahap evaluasi final untuk Final Investment Decision (FID).

"Untuk RDMP Balongan, kami sedang lakukan linear programming dan dilanjutkan engineering desain," ujarnya, di ruang rapat Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Sementara untuk GRR Tuban, Arief mengatakan, Pertamina bersama Rosneft segera masuk ke basic engineering desain kilang Tuban dengan estimasi investasi USD270 juta dan masing-masing pihak sedang mengurus persetujuan di masing-masing perusahaan.

Untuk RDMP Cilacap, menurut Arief, manajemen Pertamina sudah bertemu CEO Aramco yang datang pada dua minggu lalu. Dalam pertemuan tersebut didiskusikan terkait komitmen Saudi Aramco dalam pengembangan RDMP Cilacap.

"Namun ada beberapa mereka minta penegasan yang utama masalah keputusan mengenai aset apakah diikut sertakan ke join venture atau tidak. Untuk Bontang masih proses conceptual di Februari ini," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini