Image

Banyak Promo, Penyebab Taksi Online Bisa Libas Konvensional

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 05:03 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 17 320 1738504 banyak promo penyebab taksi online bisa libas konvensional q3IglA7xTf jpg Ilustrasi taksi online. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah akhirnya menerbitkan aturan penyesuaian tarif batas atas dan batas bawah yang diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dengan demikian, maka taksi online tidak bisa lagi perang tarif dengan taksi konvensional.

Meski demikian, Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya mengatakan, sentimen ini penetapan batas tarif taksi online ini pun tak cukup memberikan pengaruh positif bagi emiten taksi.

"Kalau tarifnya sama (antar-taksi online dan taksi konvensional) tapi kalau online sering ngasih promo kan ya sama saja," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Menurutnya, banyaknya promo yang diberikan oleh taksi online bagi penggunanya membuat persaingan antara taksi online dan taksi konvensional menjadi cukup ketat. Oleh karena itu, dia memperkirakan penetapan batas tarif ini tidak akan memberikan perubahan besar pada kinerja keuangan emiten taksi.

"Bagaimana sekarang konvensional bisa improvisasi sehingga bisa istilahnya bersaing dengan kondisi yang sama dengan online. Sebab jika tak demikian maka taksi konvensional akan semakin tergerus, sebab taksi online terus berinovasi.

Namun, Wiliam menekankan bahwa taksi konvensional pada dasarnya mampu menghadapi tantangan yang diberikan oleh taksi online dengan segudang promo yang diberikan taksi online terhadap penggunaannya.

"Jadi enggak bisa bicara pasti menang yang online karena yang online melakukan banyak promo. Tapi untuk seseorang yang secure, kan pasti melihat yang dari keamanan ya," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini