Image

Dulu Terkaya, Kini Cadangan Devisa Venezuela Terendah dalam 20 Tahun

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 16:41 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 18 20 1739125 dulu terkaya kini cadangan devisa venezuela terendah dalam 20 tahun BJl9h7EG5U jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Cadangan devisa Venezuela turun ke titik terendah dalam 20 tahun terakhir. Hal ini terjadi di tengah gejolak politik yang terjadi di negara tersebut.

Mengutip CNN, Jakarta, Selasa (18/7/2017), cadangan devisa Venezuela turun hingga di bawah USD10 miliar untuk pertama kalinya sejak 1995. Padahal, Venezuela memiliki lebih banyak minyak daripada negara lain di dunia. Venezuela juga pernah menjadi negara terkaya di Amerika Latin.

Kabar keuangan yang memburuk terjadi pada hari yang sama saat seruan pemilihan referendum simbolis utama yang diminta oleh partai oposisi.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro berencana mengubah konstitusi dan menggantikan Majelis Nasional yang dipimpin oposisi dengan "majelis konstituante". Dia meminta pemungutan suara resmi pada 30 Juli.

Namun pada Minggu 16 Juli 2017, lebih dari 7 juta warga Venezuela malah menggelar referendum tidak resmi dan tidak mengikat, dan 98% memilih untuk menentang rencana Maduro.

Sementara itu, pemerintahan Maduro terus kehabisan uang karena pembayaran utang mulai menghantui. Venezuela berutang hampir USD5 miliar untuk sisa tahun ini. “Kemampuan negara untuk membayar utangnya terlihat semakin rapuh," kata ekonom Capital Economics Edward Glossop.

Ketakutan meningkat karena Venezuela akan gagal bayar tahun ini. Namun, beberapa ekonom memperingatkan, rezim Maduro bisa saja hanya jangka pendek jika cadangan jatuh lebih jauh.

Latar belakang keuangan yang menakutkan itu adalah alasan utama mengapa Venezuela menderita kekurangan pangan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya yang ekstrem. Pemerintah harus memilih antara membeli barang impor atau membayar pemegang obligasi. Untuk saat ini, itu memilih investor.

Terlebih lagi, sebagian besar cadangan devisa Venezuela bahkan tidak menghasilkan uang tunai. Mereka kebanyakan berada di bar emas, yang berubah nilainya karena harga emas wavers di pasar global.

Bahkan dibandingkan dengan tetangganya, tumpukan uang Venezuela sangat mengkhawatirkan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini