Image

Defisit Anggaran 3%, BI: Banyak yang Ngomel!

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 18:09 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 18 20 1739251 defisit anggaran 3 bi banyak yang ngomel 6LZAbnNGcK jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) sepakat defisit anggaran terhadap PDB sebesar 3%. Jika diubah, otomatis utang negara semakin besar. Hal ini menyusul adanya rencana revisi UU APBN untuk mengubah defisit terhadap PDB dari dari 3% menjadi 4%.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, BI menilai defisit anggaran terhadap PDB di 2016 cukup bagus. Jika pemerintah tidak mengambil sikap dengan melakukan sejumlah pemangkasan anggaran yang tidak produktif, defisit bisa di atas 3%.

"APBN tahun 2016 kalau tidak dikendalikan pengeluarannya APBN bisa di atas 3% terhadap PDB. Tapi ini dikendalikan Menteri Keuangan, memang banyak yang ngomel, tapi kalau tidak dikendalikan meledak di atas PDB," ujarnya dalam acara halalbihalal Perbanas-IBI di Baliroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Pada 2017, lanjut Mirza, dengan outlook defisit anggaran terhadap PDB di dalam APBN-P yang diajukan sebesar 2,92%. Tapi BI memproyeksikan kemungkinan level defisit berada di angka 2,6-2,7% dari PDB.

Sementara terkait dengan rencana adanya pembesaran defisit anggaran terhadap PDB dari 3% menjadi 4%, Mirza menegaskan, BI sepakat untuk menolak rencana tersebut. Alasannya defisit ditutup dengan utang, jika diperbesar maka utang semakin besar.

"Jadi kalau defisit diperbesar itu akan buat buruk angka makro yang sekarang baik. Mungkin ini bahasan masih dikalangan politik. Tapi kami menilai malah buat surat utang sulit," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini