nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Defisit Tak Jebol, Pemerintah Terbitkan Global Bond 3 Seri

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 18:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 18 20 1739298 jaga-defisit-tak-jebol-pemerintah-terbitkan-global-bond-3-seri-70BxEABT9B.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan segera menerbitkan surat utang atau global bond untuk menekan defisit APBN 2017 agar tidak lebih dari 3%. Adapun nilai global bond yang akan diterbitkan sebesar 1 miliar euro dan USD2 miliar.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Robert Pakpahan mengatakan, penerbitan surat utang ini untuk menutupi target gross di tahun 2017 sebesar USD51 miliar untuk defisit 2,41%.

"Kalau di awal tahun, itu yang dalam valas 21% atau USD10 miliar dolar, sebelum euro kemarin kami sudah terbitin global bond, global dolar AS kan sudah USD3,5 miliar, sukuk USD3 miliar, jadi sudah USD7,5 miliar dan kekurangannya jadi USD2,5 miliar, jadi jatah target valasnya masih USD2,5 miliar," jelasnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Robert juga menjelaskan, euro bond Indonesia siap dijual dan sudah diusulkan harganya sebesar 1 miliar euro dan USD2 miliar ini mengalami kenaikan dari sebelumnya. "Jadi up size sekitar Rp500 jutaan untuk 2017," jelasnya.

Menurutnya,menerbitkan 2 global bond sekaligus untuk membiayai defisit agar utang tidak semakin banyak. "Jadi kita berpikir agar keinginan lebih banyak, kan ada volatilitas sedikit karena EDC ingin mengurangi dia, fed fund rate mau melakukan balancing sehingga ujung-ujungnya likuiditas berkurang, terbitkan multi currency nanti investor yang mau beli itu nambah, memanfaatkan itu aja sih, dan nanti ada persaingan juga sih," katanya.

Menurutnya,penerbitan global bond ini direncanakan segera dilakukan, yakni esok hari. Selain itu ia melihat jumlah pemesanan global bond sudah mencapai 4 kali.

"4 kali yah, semuanya, besok kita kasih detilnya, karena settlement nanti malam," tukasnya.

Tiga seri surat utang yang akan dikeluarkan Pemerintah yaitu:

1 miliar euro tenor waktu 7 tahun

USD1 miliar tenor waktu 10 tahun, dan

USD1 miliar tenor waktu 30 tahun.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini