Image

Soal Rupiah Rp1.000 Jadi Rp1, Sri Mulyani: Tidak Sebentar!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 16:20 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 18 320 1739094 soal rupiah rp1 000 jadi rp1 sri mulyani tidak sebentar P28Z73aRLs jpg (Foto: Koran SINDO)

JAKARTA - Bank Indonesia berharap Rancangan Undang-Undang (RUU) Redenominasi Rupiah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2017. Dengan demikian, redenominasi dapat segera dimulai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan nantinya rencana tersebut akan diusulkan terlebih dahulu ke Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

"Nanti disampaikan dan dimasukkan dalam Baleg. Kalau prosesnya dilakukan secara proper, secara baik ya kita nanti ikut menjaganya," ungkap Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Menurutnya, saat untuk menyerdehanakan mata uang dengan redenominasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sehingga ia berharap penyederhanakan ini nantinya jika dilakukan tidak akan menggangu aktivitas ekonomi lainnya.

"Transisinya lama, kalau kita lihat pokoknya pondasi ekonominya harus terjaga dengan baik, dari sisi stabilitas apakah neraca pembayaran, kebijakan fiskal, moneter semua harus memiliki kualitas terjaga sehingga menimbulkan konfiden," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini