Image

Redenominasi Rupiah, Agus Marto: DPR Sudah Dukung Ini Jadi Prioritas

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 16:55 WIB
https img okeinfo net content 2017 07 18 320 1739144 redenominasi rupiah agus marto dpr sudah dukung ini jadi prioritas AMKEcDMH4e jpg Gubernur BI Agus DW Martowardojo. (Foto: Okezone/Runi)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengupayakan rencana penyederhanaan nominal Rupiah atau redenominasi untuk segera ditindaklanjuti. Rencananya, bank sentral akan mengajukan pembahasan redenominasi dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun ini kepada Presiden Joko Widodo.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengungkapkan, sebelum mengajukan pembahasan redenominasi kepada Pemerintah, BI telah melakukan focus group discussion (FGD) dengan Komisi XI.

"Kami sekarang akan tindak lanjuti dengan bertemu Presiden, Menkumham, dan Menkeu untuk mengupayakan pemerintah setuju membahas ini dengan DPR," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (18/72017).

Agus menambahkan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sendiri telah memberikan lampu hijau perihal redenominasi ini. Sehingga, redenominasi dapat segera terlaksana. "DPR kelihatannya sudah mendukung bahwa ini adalah prioritas yang dibutuhkan Indonesia," tambah dia.

Proses redenominasi sendiri memakan waktu kurang lebih tujuh tahun, dengan dua tahun pertama merupakan masa persiapan redenominasi oleh bank sentral. Selanjutnya, Agus mengharapkan sepanjang 2020 hingga 2024 masa transisi dapat dimulai. Undang-Undang Redenominasi sendiri nantinya diusulkan terdiri dari 17 pasal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini