Image

Rapat hingga Larut Malam, BI Bahas AS dan China

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017, 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 21 20 1741058 rapat-hingga-larut-malam-bi-bahas-as-dan-china-WVahZXXKts.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) hari ini melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG). RDG ini diakhiri dengan konferensi pers pada pukul 22.50 WIB.

RDG ini terbilang tidak biasa bagi BI. Pasalnya, biasanya BI selesai mengadakan RDG pada sore atau jelang magrib.

Lantas, apa yang dibahas BI dalam RDG ini?

 Baca juga: "Kalau Orang Mulai Pinjam Uang ke Bank, Ekonomi Bakal Jalan"

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Dodi Budi Waluyo, tak ada yang dibahas secara spesifik dalam RDG ini. Pembahasan pun sama halnya RDG sebelumnya.

"Yang kita bahas sebenarnya sama dengan RDG sebelumnya kita lihat perkembangan domestik dan dinamika ekonomi global. Tidak hanya fokus pada satu indikator misalnya konsumsi," kata Dodi di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Hanya saja, lanjutnya, keadaan ekonomi AS dan China menjadi perhatian utama dari BI. Sebab, baik AS maupun China dianggap memiliki pengaruh bagi ekonomi Indonesia.

"Dinamika yang kita lihat adalah perkembangan AS dan China karena pilar ekonomi global," ujarnya.

Seperti diketahui, RDG ini tak lagi diumumkan oleh Kepala Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, melainkan oleh Arbonas Hutabarat yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia.

Tirta pagi ini telah dilantik sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Direktur Eksekutif Kepala Departemen Surveilans Sistem Keuangan BI Agusman pun menggantikan posisi Tirta.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini