nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pindah Ibu Kota, Jangan Lupakan Pembangunan Transportasi Umum!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 08:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 21 470 1741515 pindah-ibu-kota-jangan-lupakan-pembangunan-transportasi-umum-qnjnywnyVX.png Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah kian serius untuk melakukan kajian pemindahan ibu kota. Kini, kajian tengah dilakukan di bawah komando dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pemerintah telah memiliki beberapa calon daerah tujuan pemindahan ibu kota. Beberapa di antaranya adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Saat ini, kajian telah dilakukan lintas kementerian. Persoalan ketersediaan lahan juga turut menjadi salah satu perhatian utama pemerintah dalam wacana pemindahan pusat pemerintahan ini.

Namun, menurut Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, pemerintah juga tak boleh melupakan persoalan transportasi dalam pemindahan pusat pemerintahan ini. Pemerintah pun harus banyak belajar dari masalah pencantuman transportasi di Indonesia yang selalu terlambat dibandingkan negara lainnya.

"Kalau merencanakan transportasi harus selaras dengan tata ruang. Kenapa transportasi kita di daerah buruk, karena transportasi dan tata ruang tidak berjalan bersamaan. Sehingga dari sekarang tata ruang dibuat, baru transportasinya bangun," kata Djoko kepada Okezone belum lama ini.

Pembangunan transportasi umum pun harus dikaji sejak saat ini jika ingin memindahkan pusat pemerintahan. Pemerintah diharapkan tak lagi mengulangi kesalahan dalam keterlambatan pembangunan infrastruktur sektor transportasi yang selama ini dialami sejumlah kota seperti Jakarta.

"Perlu konsisten. Kita selalu terlambat akibat terlambat cost-nya sangat mahal," ujarnya.

Pembangunan infrastruktur transportasi diharapkan tidak hanya terfokus pada sarana transportasi pribadi. Penyediaan sarana dan prasarana transportasi umum perlu dikaji lebih lanjut pada daerah tujuan ibu kota baru di Indonesia.

"Kalau jadi ibu kota public transportation penting. Public transport basisnya IT silakan dikembangkan. Kalau mau bangun ya sifatnya massal," tutupnya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini