nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Bagaimana Geliat Properti di Kalimantan?

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 11:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 22 470 1741943 ibu-kota-pindah-bagaimana-geliat-properti-di-kalimantan-QpEkTUl9IJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah bermaksud untuk memisahkan antara kota pusat bisnis dengan ibu kota. Salah satu caranya adalah dengan memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju kota lain yang ada di Indonesia.

Upaya tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka, karena pemerintah tengah serius menggodok rencana pemindahan pemerintahan negara tersebut. Belakangan ada 3 provinsi yang menjadi calon kuat ibu kota baru yang semuanya terletak di Kalimantan.

Lalu bagaimana geliat properti yang ada di Kalimantan yang menjadi calon ibu kota baru?

Head of Retail JLL Cecilia Santoso mengatakan untuk melihat geliat properti calon ibu kota baru harus dilihat dari masing-masing kota.

Dirinya mencontohkan yaitu Balikpapan. Geliat properti di Balikpapan bisa dibilang lebih lengkap dibandingkan kota-kota lain yang ada di sana.

Sayangnya untuk saat ini, properti di Balikpapan sedang mengalami slow down. Hal ini disebabkan karena properti di Balikpapan sangat tergantung dari performa industrinya.

"Kan harus dilihat dari masing-masing kota misalnya Balikpapan, itu memang sejak ada all and guest industri mereka memang baik, tapi permasalahannya ketika industri turun, maka mereka juga turun. Memang kalau dilihat dari kota itu baru lebih lengkap karena ada office, retail, dan sebagainya. Tapi karena harga industri turun properti juga lagi slow down," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Selanjutnya yaitu Kota Palangkaraya. Cecilia menjelaskan properti di Palangkaraya belum banyak diketahui. Karena sampai saat ini belum bisa terlihat jelas bagaimana aktivitas properti yang ada di sana.

"Kalau di Palangkaraya saya emang belum lihat. Karena properti di sana belum aktif," jelasnya

Dibandingkan dengan Palangkaraya, lanjut Cecilia, properti di Pontianak justru lebih hidup. Hal ini tidak terlepas dari bisnis-bisnis di Pontianak yang sangat berkembang pesat.

"Kalau Pontianak memang lebih hidup. Dia di sana trading-nya karena bisnisnya lebih jalan," tutup Cecilia.

(ulf)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini