nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPS: Anak yang Hidup dengan 5 Anggota Keluarga Lebih Rentan Miskin

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 12:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 25 320 1743454 bps-anak-yang-hidup-dengan-5-anggota-keluarga-lebih-rentan-miskin-FaDYiBnmQs.jpg Foto: Trio Hamdani (Okezone)

JAKARTA - Kemiskinan masih menjadi persoalan mendasar yang tak kunjung usai menjadi pekerja rumah negara. Bahkan Kepala BPS Suharyanto mengungkapkan, anak yang hidup di rumah tangga dengan anggota keluarga lebih dari 5 berkemungkinan lebih besar untuk menjadi miskin.

"Ada beberapa temuan juga yang menarik misalnya anak yang tinggal di rumah tangga dengan anggota lebih dari 5 punya risiko lebih tinggi untuk menjadi miskin dibandingkan anak-anak yang tinggal di rumah tangga di mana jumlah anggota kurang dari 5," katanya di Jakarta, Senin (25/7/2017).

Tak hanya itu, dalam rilis Analisis Kemiskinan Anak dan Deprivasi Hak-Hak Dasar Anak di Indonesia oleh BPS, terungkap bahwa 2 dari 3 anak miskin Indonesia berada di daerah pedesaan. Artinya kesenjangan antar daerah perkotaan dan pedesaan masih cukup kental.

"Dari hasil analisis, kita tahu 2 dari 3 anak miskin berada di pedesaan. Bukan fakta mengejutkan karena dari data kemiskinan yang rilis di BPS, 63% tinggal di pedesaan dan 52%nya berada di sektor pertanian," lanjutnya.

Oleh karenanya dia menilai dibutuhkan kebijakan yang sesuai dalam mengatasi kemiskinan yang menimpa anak di Indonesia. Untuk itu, dia menilai butuh kajian lebih mendalam terlebih dahulu terkait pengumpulan data dan informasi.

"Bagaimana mungkin kita bisa menyusun sebuah kebijakan ketika kita tidak memahami sebuah persoalan secara utuh. Jadi kita berharap dari hasil analisis ini bisa susun sebuah kebijakan yang fokus untuk tangani kemiskinan anak," ujarnya.

Dia menambahkan, kebijakan yang harus diterbitkan oleh pemerintah harus lebih bersifat spesifik dan fokus ke akar permasalahan. Pengentasan kemiskinan, katanya harus dibedakan antar golongan usia dan dan daerahnya.

(dni)

Berita Terkait

Kemiskinan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini