nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harum Semerbak, Penjual Durian Kalibata Raup Omzet Rp1 Juta per Hari

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 29 Juli 2017 05:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 28 320 1746032 harum-semerbak-penjual-durian-kalibata-raup-omzet-rp1-juta-per-hari-wsdW9ldq0m.jpg Foto: Trio Hamdani/Okezone

JAKARTA - Siapa tak kenal dengan pedagang durian Kalibata, Jakarta Selatan. Toko penjajak durian yang berjajar di pinggir jalan tak jauh dari Taman Makam Pahlawan Kalibata itu selalu diserbu pembeli.

Seperti diakui seorang pedagang durian bernama Gunawan. Jika sedang ramai, rata-rata per harinya dia bisa mengantongi uang sedikitnya Rp1 juta per hari. Namun kata dia itu baru pendapatan kotor. Jika ditotal laba bersihnya per minggu sebesar Rp1,5 juta.

Baca juga: Gawat! Harga Durian Termahal dalam 33 Tahun Terakhir, Tembus hingga Rp2,5 Juta

"Paling tinggi bisa bawa pulang uang Rp1 juta, itu kotor. Kalau bersih Rp1,5 juta per minggu," kata dia ketika berbincang dengan Okezone di tokonya, Kalibata.

Jika ditotal maka, per bulan dia bisa mengantongi laba sebesar Rp6 juta. Jika dikalikan 12 maka per tahunnya dia bisa memperoleh laba sebanyak Rp72 juta. Dari total keuntungannya itu, salah satunya disumbangkan oleh durian Petruk.

Kata dia, durian Petruk saat ini pamornya cukup bagus dan digemari oleh banyak penyuka durian. Dia menggambarkan bahwa rasa dari durian Petruk cukup khas dibandingkan durian lainnya. durian Petruk memiliki rasa manis yang legit. Pas untuk lidah Indonesia.

Baca juga: Musim Durian, Intip Harga Montong dan Cara Memilihnya

"durian Petruk ini asalnya dari Jawa Tengah, dijualnya Rp50 ribu per buah. Banyak yang suka mungkin rasanya, rasanya sudah enak, di konsumen paling banyak dicari karena manisnya legit," ungkapnya.

Jika sedang sepi-sepinya, dia mengatakan, uang yang bisa didapatkannya paling tidak Rp700 ribu per hari. Jika dikalkulasikan menjadi laba bersih, minimal dia bisa meraup untung Rp48 juta per tahunnya.

"Jadi larisnya memang tergantung kondisinya, tergantung jenis durian yang kita jual. Kalau banyaknya jual yang mahal lumayan banyak dapatnya, kalau kebanyakan jual yang murah untungnya ga begitu seberapa," tukasnya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini