nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Mau Kalah dari Mandiri dan BRI, BNI Juga Incar Modal Ventura

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 19:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 07 278 1751456 tak-mau-kalah-dari-mandiri-dan-bri-bni-juga-incar-modal-ventura-UpjDq0QgNe.jpg BNI. (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - Akuisisi perusahaan ventura tampaknya tengah menjadi tren di kalangan bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kini, PT Bank Negara Indonesia (BBNI) berencana untuk mengikuti jejak bank pelat merah lainnya dalam membentuk perusahaan ventura.

"Kita sedang mengkaji, kalau itu (rencana) kan ada saja," ujar Direktur BNI Rico Rizal Budidarmo di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Akan tetapi, Rico belum mau terbuka dengan rencana tersebut. Termasuk mengenai nilai investasi serta perusahaan ventura yang diincar oleh bank berlogo 46 ini. "Sudah ada di meja, artinya sedang dibahas. Belum tahu (dananya)," ujar dia.

Sekadar informasi, bank BUMN lain yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan merealisasikan akuisisi perusahaan modal ventura pada September 2017. BBRI menyiapkan dana sekira Rp500 miliar untuk proses akuisisi tersebut.

Saat ini, perusahaan sekuritas yang bertanggung jawab atas rencana akuisisi modal ventura oleh BBRI, tengah dalam tahap due diligence meeting.

Dari jajaran bank pelat merah, saat ini, hanya PT Bank Mandiri Tbk yang telah memiliki anak usaha yang bergerak di bidang modal ventura, yaitu PT Mandiri Capital Indonesia (MCI). Perusahaan modal ventura milik Mandiri telah beroperasi sejak awal 2017.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini