nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daya Beli Melemah, Bos Garuda: Banyak yang Beli Tiket Pesawat Kelas Ekonomi

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 10 278 1753467 daya-beli-melemah-bos-garuda-banyak-yang-beli-tiket-pesawat-kelas-ekonomi-4bmhjRpmgu.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Industri di bidang retail saat ini tengah lesu yang diduga akibat pelemahan daya beli masyarakat. Dengan adanya pelemahan daya beli menimbulkan pertanyaan, sektor industri apa saja yang terpengaruh.

Pelaku industri maskapai penerbangan mengaku, adanya pelemahan daya beli tak berimbas terhadap penjualan tiket pesawat. Khusus untuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pihaknya mengaku masih mengalami pertumbuhan.

Direktur Utama Garuda Pahala Nugraha Mansury menyebutkan, di tengah terpaan isu pelemahan daya beli, kinerja keuangan perseroan diakuinya masih tumbuh positif. Namun, sayangnya pertumbuhannya belum signifikan. Dia pun enggan menyebutkan angkanya.

"Kita kalau lihat di triwulan II dan III bulan Juli sih cukup baik ya trennya, kalau dibandingkan juga misalnya bulan Juli, dibandingkan dengan bulan Juli tahun lalu (2016) ada peningkatan meski pun sedikit peningkatannya," katanya ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Baca Juga:

Angkut 17,2 Juta Penumpang, Garuda Raup Pendapatan Rp25,3 Triliun

Garuda Minta Ubah Syarat Minimum Ekuitas Sukuk Global Jadi USD500 juta

Dia belum bersedia mengungkapkan besaran kenaikan pendapatan maupun laba perseroan yang disebutnya masih tumbuh meski isu pelemahan daya beli santer terdengar.

"Ya, enggak bisa disampaikan karena kita belum publikasi laporan keuangan ya, tapi kalau kita lihat sampai sejauh ini baik itu di Garuda maupun itu di Citilink kelihatannya ada sedikit perbaikan meskipun enggak signifikan," paparnya.

Terkait pertumbuhan yang belum signifikan itu, dia enggan menyangkutpautkan akibat adanya pelemahan daya beli. Intinya, kata dia, kenaikan kinerja keuangan perseroan dinilainya masih cukup mampu untuk meningkatkan bisnis.

Adapun tren penjualan tiket penerbangan perseroan, kata dia paling tinggi ada pada tiket pesawat kelas ekonomi. Untuk kelas eksekutif tumbuh tapi tak setinggi kelas ekonomi.

Sementara untuk tujuan penerbangan, sejuah ini paling tinggi melayani penerbangan tujuan luar negeri. "Yang lebih signifikan adalah internasional memang ya," tukasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini