nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dewan Syariah: Investasi Dana Haji Sudah Dilakukan sejak Era Presiden Sebelumnya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 19:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 10 320 1753576 dewan-syariah-investasi-dana-haji-sudah-dilakukan-sejak-era-presiden-sebelumnya-mBn70iMJ9o.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap pengelolaan dana haji yang sangat penting. Jokowi menginginkan dana haji diinvestasikan ke tempat-tempat yang memberikan keuntungan yang baik.

Infrastruktur disebut merupakan investasi yang tidak berisiko tinggi namun dapat memberikan keuntungan yang besar. Sehingga dirinya menginginkan dana haji yang tersimpan di pemerintah bisa diinvestasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Anggota Dewan Syariah Nasional Oni Syahroni mengatakan investasi dana haji sebenarnya sudah pernah dilakukan sejak dahulu. Tepatnya periode 8 tahun yang lalu atau tepatnya pada era Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ini sudah sekira 5 sampai 8 tahun sejak kepemimpinan Presiden sebelumnya," ujarnya saat ditemui di IPMI, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Investasi dana haji telah berkali-kali dikeluarkan lewat skema sukuk atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pada saat itu skema SBSN dikeluarkan langsung lewat Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Sukuk negara atau SBSN melalui Kemenkeu sudah dilakukan berkali kali dan sudah disalurkan juga itu," kata Oni.

Untuk ditegaskan kembali, jika yang dimaksud dengan investasi dana haji bukanlah untuk menghabiskan dan menggunakan dana haji. Melainkan untuk dimanfaatkan agar menghasilkan return yang lebih besar untuk kepentingan jamaah haji di masa mendatang.

"Bukan berarti dihabiskan (dana haji) tapi diinvestasikan untuk menghasilkan return yang lebih besar," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini