nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dewan Syariah: Belum Ada Fatwa Khusus soal Investasi Dana Haji!

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 19:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 10 320 1753589 dewan-syariah-belum-ada-fatwa-khusus-soal-investasi-dana-haji-IDKunBZP6s.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk menginvestasikan dana haji ke tempat-tempat yang bisa memberikan return (keuntungan). Karena menurut pemerintah, pengelolaan dana haji merupakan sesuatu yang sangat penting.

Namun sayangnya, Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) Oni Syahroni mengatakan belum ada fatwa khusus dari pihaknya yang khusus mengatur investasi dana haji. Menurut Ini, saat ini yang ada hanyalah hasil pertemuan dengan komisi fatwa di Tasikmalaya mengenai investasi dana haji.

 Baca juga: Wah, Ternyata Investasi Dana Haji Bisa Biayai Jalan Tol hingga Pembangkit Listrik!

"Belum ada fatwa khusus yang mengatur investasi dana haji, yang ada hanyalah hasil pertemuan dengan komisi fatwa di Tasikmalaya," ujarnya saat ditemui di IPMI, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Akan tetapi lanjut Oni, pihaknya memastikan akan ada Fatwa yang akan dikeluarkan untuk mengatur investasi dana haji. Namun, pengeluaran fatwa masih harus menunggu pengakuan dari pemerintah untuk bisa mengeluarkan fatwa tentang investasi dana haji secara umum ini.

 Baca juga: Investasi Dana Haji Sudah Dilakukan sejak Era Presiden Sebelumnya

"Fatwa DSN nunggu dari pemerintah saat mereka mengajukan untuk dikeluarkan pandangan syariah atau fatwa baru kita keluarkan," kata Oni

Tetapi menurut Oni jika fatwa investasi dana kepada infrastruktur melalu sukuk dan Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN) sudah dikeluarkan. Karena dengan skema tersebut, DSN beranggapan sudah sesuai dengan fatwa dan Undang Undang.

"Kalau investasi dana haji untuk infrastruktur melalui SBSN itu sudah sesuai dengan syariah dan UU," kata Oni.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini