nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Semua untuk Infrastruktur, Dewan Syariah: Ditimbang Berapa Komposisinya!

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 19:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 10 320 1753605 tidak-semua-untuk-infrastruktur-dewan-syariah-ditimbang-berapa-komposisinya-XeSdBHkhJQ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap pengelolaan dana haji yang sangat penting. Jokowi menginginkan dana haji diinvestasikan ke tempat-tempat yang memberikan keuntungan yang baik.

Infrastruktur disebut merupakan investasi yang tidak berisiko tinggi namun dapat memberikan keuntungan yang besar. Sehingga dirinya menginginkan dana haji yang tersimpan di pemerintah bisa diinvestasikan untuk pembangunan infrastruktur.

 Baca juga: Dewan Syariah: Belum Ada Fatwa Khusus soal Investasi Dana Haji!

Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) Oni Syahroni mengatakan, untuk menginvestasikan dana haji harus ada beberapa penimbangan. Salah satunya adalah pertimbangan berapa komposisi yang harus diinvestasikan untuk infrastruktur.

"Investasi juga harus ditimbang terkait berapa komposisinya," ujarnya saat ditemui di IPMI, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

Karena menurut Oni, tidak bisa dana haji diinvestasikan seluruhnya kepada infrastruktur. Pasalnya secara kriteria, investasi dana haji harus liquid untuk memenuhi kebutuhan haji setiap tahunya.

Sedangkan investasi infrastruktur butuh jangka waktu 3 hingga 10 tahun. Sehingga sangat tidak mungkin jika keseluruhan diinvestasikan kepada infrastruktur.

"Misalnya dari Rp90 triliun berapa porsinya 20% atau 30%. Karena kriteria harus liquid untuk memenuhi kebutuhan haji tiap tahun," tukas Oni.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini