Image

Tiru 6 Strategi Ini! Cara Mudah Pasarkan Properti untuk Generasi Millennial

Agregasi Sabtu 12 Agustus 2017, 08:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 470 1754117 tiru-6-strategi-ini-cara-mudah-pasarkan-properti-untuk-generasi-millennial-9BvLUyYBkY.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Saat ini, generasi millennial juga merupakan pasar potensial bagi bisnis properti. Menurut survei yang dilakukan Zillow pada 2016, sekira 56% pembeli rumah pertama di Amerika Serikat datang dari generasi millennial.

Selain penghasilan yang tinggi, gaya hidup konsumtif dan serba cepat menjadi beberapa faktor alasannya. Para developer juga tidak sulit untuk menyediakan hunian yang pas dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Mengkhawatirkan, Generasi Milenial Masih Bisa Beli Rumah?

Salah satu contohnya bisa dilihat dari menjamurnya apartemen yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga dan tempat bersosialisasi yang kekinian. Pebisnis properti yang andal tidak sekedar membangun proyek yang berkualitas, namun juga perlu memiliki strategi pemasaran (marketing) yang tepat dan akurat.

Generasi millennial tumbuh besar dengan menggunakan internet dalam keseharian. Penggunaan aplikasi ponsel pintar, konsumsi informasi digital, sampai dengan ketergantungan pada gambar dan visual menjadi kebiasaan yang tak bisa dilepaskan dari mereka.

Anda tidak mungkin mengabaikan kelompok usia ini ketika hendak memasarkan sebuah proyek hunian ke pasar. Simak beberapa strategi pemasaran jitu untuk memikat kaum millennial.

1. Iklankan dengan Foto Berkualitas

Belakangan ini semua orang mulai terbiasa mencari rumah melalui portal properti online, namun generasi millennial lebih sering melakukannya ketimbang kelompok generasi lain. Sekira 9 dari 10 orang millennial akan memilih media online untuk pencarian rumah dan akan menggunakan setidaknya tiga portal properti online sebagai perbandingan.

Pada pandangan pertama, mereka akan memerhatikan foto utama (featured) yang terpajang pada listing iklan. Dengan selera tinggi karena terbiasa mengonsumsi foto ala Instagram, maka pastikan foto perumahan Anda tampak menarik dan profesional.

Pastikan juga tampilan rumah bersih dan buat beberapa aksen menarik sebelum difoto oleh fotografer profesional.

Baca juga: Dana Terbatas Hambat Generasi Milenial Punya Rumah? Yuk Manfaatkan Teknologi

2. Sebutkan Fitur Ramah Lingkungan dan Perangkat Teknologi

Kelompok millennial sangat tertarik dengan segala sesuatu yang berbau ramah lingkungan dan high tech pada rumah modern. Sebutkan beberapa fitur utama proyek perumahan Anda seperti misalnya dilengkapi dengan panel surya, perangkat smarthome, lampu dengan konsumsi energi efisien, dan fitur lainnya pada kolom deskripsi iklan.

Saat ini, teknologi seperti panel surya bisa menjadi fitur menarik yang disematkan sebagai bonus atau promosi unit rumah. Pembeli akan terkesan jika Anda bisa menampilkan ragam fitur yang menghemat uang dalam jangka waktu panjang tersebut.

3. Lebih Transparan

Generasi millennial akan melakukan riset yang mendalam ketika melakukan proses pembelian rumah dan menilai lebih banyak informasi ketika membandingkan rumah yang hendak dibeli. Anda harus mempertimbangkan survei hunian sebelum menawarkannya kepada pasar.

Sekira 80% calon pembeli berpendapat bahwa tahap riset online adalah faktor penting yang mementukan keputusan. Banyak pengembang yang tidak berhasil menarik pembeli karena lambat dalam mengerjakan proyek atau menawarkan harga yang terlalu tinggi.

Saatnya menurunkan risiko dan menjual rumah cepat dengan cara memberi kesan pertama yang baik. Hal ini bisa dilakukan melalui situs website properti yang menarik dan informatif atau mengikuti forum obrolan terkait dengan proyek properti Anda.

4. Tunjukkan Cara Menyesuaikan dengan Gaya Hidup

Sebagian besar generasi millennial memilih untuk tinggal di hunian yang dekat dengan tempat bekerja dan bersosialisasi. Jika Anda ingin mempermudah mobilitas si millennial, maka saatnya melakukan kalkulasi yang rinci terkait dengan biaya ongkos, perawatan, dan energi yang dikeluarkan apabila membeli hunian di lokasi tertentu.

Hitung total biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rumah dan lain sebagainya. Dengan begitu, mereka bisa mengambil keputusan dengan lebih yakin.

Baca juga: Penyebab Generasi Milenial Sulit Beli Rumah

5. Bantu Mereka Percaya Diri agar Lolos Penilaian KPR

Umumnya generasi millennial memilih kredit perumahan sebagai cara pembelian rumah, dan biasanya belum memiliki tabungan yang cukup untuk memberi uang muka. Dengan memberikan kemudahan dalam pengajuan KPR dan pembelian unit rumah, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk segera mengajukan diri.

Beberapa contoh promosi yang bisa dicoba antara lain uang muka rendah, uang muka cicil bertahap, dan lain sebagainya.

6. Permudah Mereka Melakukan Penawaran

Millennial terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya urusan keuangan. Setengah dari mereka menggunakan sumber online untuk simulasi KPR. Permudah mereka melakukan hal ini dengan fitur simulasi atau pengajuan KPR melalui widget yang disematkan pada situs website properti.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini