Image

TRIK HEMAT: Mapan Syarat Mutlak Menikah, Apa Benar?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017, 06:15 WIB
https img okeinfo net content 2017 08 13 320 1755128 trik hemat mapan syarat mutlak menikah apa benar QBq54Y4aVS jpg (Foto: Okezone)

 JAKARTA - Menikah, mungkin menjadi impian semua orang yang yang sudah berusia cukup dewasa. Tapi banyak dari mereka yang ingin menikah terutama lelaki yang harus mengurungkan niatnya tersebut karena belum merasa mapan karena takut dianggap remeh oleh wanitanya jika menikah sebelum dirinya mapan.

Sehingga banyak pria yang beranggapan kemapanan sangat penting diraih sebelum menikah. Hal ini karena kebanyakan orangtua menginginkan anak-anaknya untuk menjadi mapan dulu sebelum menikah. Atau paling tidak anak perempuan mereka harus menikah dengan orang yang mapan agar hidupnya tidak menderita nantinya. Karena selain itu juga banyak biaya yang dibutuhkan untuk menikah.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan biaya enggak hanya sebatas itu, karena menikah harus mempersiapkan gedung, makanan, souvenir, pakaian buat diri sendiri dan seragam untuk kerabat dan sahabat.

Baca juga:

TRIK HEMAT: Mandiri Secara Finansial, Gimana Caranya Ya?

TRIK HEMAT: Punya Gaji UMR tapi Ingin Merasa 'Merdeka'? Begini Caranya

Tapi dirinya mengatakan bisa saja menikah sebelum mapan, karena sebenarnya menikah tidak mahal yang mahal hanya biaya sosialnya. Sehingga jika menikah saja bisa diadakan dirumah dengan biaya yang tak sebesar biaya menikah di gedung. Maka bila belum mapan sebaiknya tidak perlu pesta sosial pernikahan yang mewah.

"Ya boleh-boleh saja (menikah sebelum mapan), cuman kan berarti gaya hidupnya nantinya yang harus menyesuaikan dengan pemasukan yang didapatkan," ungkapnya kepada Okezone.

Tapi Andi kembali menambahkan bukan berarti belum mapan boleh menikah tapi sama sekali belum memiliki pekerjaan. Belum mapan artinya yakni tidak memiliki tabungan yang cukup untuk pesta mewah. Dan jangan juga memaksakan diri tidak punya biaya tapi ingin terlihat mapan.

Baca juga:

TRIK HEMAT: Lihat Tingkat Kemandirian Finansial Anda di Sini

Jika menunggu mapan dulu baru menikah maka bisa saja sampai tua tidak menikah, karena kemapanan seseorang tidak bisa dilihat, saat ini saja masih banyak yang sudah tua tapi belum mapan. Namun, menikah harus tetap setelah memiliki pekerjaan karena yang penting kehidupan setelah menikah.

"Jangan pemasukan masih serabutan tapi gayanya pengen kayak yang sudah mapan. Karena kita juga engak tahu seseorang kapan atau sampai usia berapa akan mulai dapat hidup mapan. Kalau sampai tua belum mapan juga berarti enggak boleh nikah donk? Karena pada kenyataannya banyak juga yang usianya sudah cukup tua namun penghasilannya belum mapan. Yang penting bagaimana menjalankan kehidupan setelah menikah," tukasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini