Image

TIPS KARIER: Punya Jam Kerja yang Panjang? Jangan Lupa Istirahat dan Olahraga!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 22:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 13 320 1755134 tips-karier-punya-jam-kerja-yang-panjang-jangan-lupa-istirahat-dan-olahraga-lXBzHa67KP.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Jam kerja yang panjang, yakni 60 jam seminggu bukanlah hal yang biasa bagi seorang pekerja. Namun, beberapa orang menemukan diri mereka terjebak dengan jadwal semacam ini. Bekerja 60 jam seminggu dapat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas Anda.

Hal ini sangat ironis karena pada saat Anda harus memusatkan semua energi Anda ke pekerjaan Anda, kelelahan dapat membuat Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.

Berikut adalah beberapa tips yang membantu Anda bertahan ketika harus bekerja 60 jam dalam seminggu.

1. Ambil waktu istirahat dari pekerjaan

Meskipun penting untuk tetap fokus pada pekerjaan Anda, tetapi istirahat secara periodik sama pentingnya. Jika Anda mengambil waktu beristirahat dari tugas-tugas Anda, tidak berarti akan memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya bukan?

Sebaliknya, setelah bekerja pada untuk waktu yang sangat lama, Anda akan kehilangan fokus. Kemampuan Anda untuk berkonsentrasi akan kembali meningkatkan setelah Anda mengambil istirahat sejenak.


Baca juga:

TIPS KARIER: Mengenal Karakteristik Generasi Z, Mereka 'Haus' Uang

TIPS KARIER: Menjaga Relasi, Kunci Meraih Pekerjaan Impian

2. Rutin berolahraga

Waktu yang sangat sibuk di tempat kerja, tidak memungkinkan bagi Anda untuk melakukan olahraga rutin, tapi jika Anda sudah memiliki kebiasan rutin berolahraga, jangan berhenti.

Olahraga meredakan stres setelah bekerja 60 jam seminggu. Pekerjaan yang menimbulkan stres dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, jadi kurangilah stress Anda dengan berolahraga.

Carilah waktu untuk olahraga, sebelum bekerja atau setelahnya. Jika itu tidak mungkin, maka berjalan selama jam makan siang atau istirahat dapat menjadi alternatif.

3. Ambil waktu untuk hiburan

Banyak orang yang dihadapkan dengan pekerjaan 60 jam seminggu memiliki rutinitas seperti ini: pergi bekerja, pulang ke rumah, tidur, kembali bekerja, pulang ke rumah, tidur, dan seterusnya. Tidak ada ruang untuk aktifitas lain.

Tapi ingat, Anda perlu menambahkan sesuatu yang menyenangkan dalam rutinitas itu, jika tidak, Anda akan menderita. Anda dapat menemukan beberapa jam dalam seminggu untuk pergi menonton film, piknik, atau hanya bertemu dengan teman-teman dan orang-orang terkasih. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk bersenang-senang, Anda bisa saja membenci pekerjaan Anda.

Baca juga:

TIPS KARIER: Sederet Cara Pekerja Millennial Hargai Diri Sendiri

4. Minum air mineral

Menjaga tubuh tidak dehidrasi, tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga untuk pikiran. Air mineral sangat penting untuk fungsi otak. Jika Anda kesulitan untuk berkonsentrasi, mungkin Anda membutuhkan segelas air putih.

Jika air mineral terlalu membosankan, Anda dapat menambahkan irisan lemon segar atau apel.

5. Batasi konsumsi kafein

Orang yang bekerja dalam waktu yang lama biasanya tidak bisa lepas dari kopi dan soda. Minuman tersebut, memang dapat membantu Anda tetap fokus, setidaknya untuk waktu yang singkat. Namun, kandungan kafein yang terlalu banyak dapat membuat Anda gelisah dan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

6. Jauhi bekerja dalam 7 hari seminggu

Bila Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, bekerja tanpa mengambil hari libur tampak lebih baik. Namun, itu adalah ide yang buruk. Hampir mustahil untuk mempertahankan kesehatan Anda dengan jadwal tersebut.

Anda mungkin tidak dapat mengambil seluruh akhir pekan, atau dua hari berturut-turut, tetapi Anda harus mencoba untuk menjaga satu hari penuh tanpa bekerja. Anda perlu waktu untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Ketika Anda kembali bekerja, Anda akan berada dalam keadaan yang jauh lebih baik untuk melakukan pekerjaan.

7. Hindari junk food secara berlebih

Ketika Anda berada di tengah-tengah jadwal kerja non stop, junk food mungkin menjadi tepat untuk makan. Junk food tersedia sangat cepat dan menyenangkan.

Namun, untuk mengimbangi pekerjaan yang berat Anda juga perlu gizi dan nutrisi yang tepat untuk tubuh Anda. Ketika Anda tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan hidangan lengkap, Anda dapat membuat salad sederhana sebagai makanan Anda.

8. Tidur dengan cukup

Semua ahli percaya bahawa orang dewasa harus tidur rata-rata delapan jam setiap malam. Tanpa tidur yang cukup, Anda kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi pada siang hari.

Ahli menyarankan Anda untuk memiliki jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Tidur siang singkat di tengah pekerjaan kurang lebih 15 sampai 20 menit juga bisa membantu menyegarkan Anda.

9. Jangan biasakan lembur

Apakah Anda seseorang yang suka bangun pagi, atau apakah Anda lebih suka untuk tidur larut malam? Jika Anda harus menghabiskan berjam-jam untuk lembur bekerja, mengapa tidak mencoba untuk melakukannya dalam waktu terbaik ketimbang lembur hingga larut malam?

Anda dapat tidur sesuai jadwal lalu bangun sebelum matahari terbit untuk melanjutkan pekerjaan Anda. Hal ini lebih baik daripada Anda harus memalsa pikiran dan tubuh Anda bekerja hingga larut malam.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini