Image

TIPS KARIER: Pengangguran, Ini Cara Agar Tetap Semangat Mencari Pekerjaan!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 23:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 13 320 1755228 tips-karier-pengangguran-ini-cara-agar-tetap-semangat-mencari-pekerjaan-DaDyQpIsHB.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Kehilangan pekerjaan dapat menghancurkan Anda baik secara finansial dan emosional. Anda merasa ditolak dan mulai khawatir tentang masa depan. Anda ingin memulai pencarian kerja secepat mungkin dengan harapan bahwa Anda akan menemukan pekerjaan dengan cepat.

Ketika proses pencarian pekerjaan memasuki hitungan bulan, Anda mulai putus asa. Paket pesangon dan tabungan Anda tidak akan bertahan selamanya.

Dalam lapangan pekerjaan yang sulit, bahkan orang-orang yang sangat berbakat pun memerlukan waktu mencari pekerjaan selama berbulan-bulan. Meskipun sulit untuk bersikap optimis bahwa keadaan akan berbalik dengan segera, sangat penting bahwa Anda harus menjaga sikap positif. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga semangat Anda dalam mencari pekerjaan.

1. Jadikan pencarian kerja seperti pekerjaan

Dengan demikian Anda harus menghabiskan sekitar delapan jam setiap hari untuk mencari pekerjaan, baik secara online maupun langsung datang ke kantor. Bangun di pagi hari seperti yang Anda lakukan ketika Anda bekerja. Sikap proaktif ini dapat berkontribusi untuk outlook positif.

2. Jangan lupa istirahat

Ketika Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan, Anda juga harus mengambil waktu untuk menjauhinya barang sekejap.

Anda harus mengambil istirahat untuk makan siang, serta menghabiskan beberapa jam di malam hari melakukan sesuatu yang Anda sukai. Membaca, berolahraga atau melalukan hobi dapat sedikit membuang kejenuhan Anda. Tapi, selama Anda menikmat waktu istirahat, jangan melewatkan pengumuman pekerjaan apapun. Membuat rencana untuk bertemu teman-teman atau kenalan juga dapat menghilangkan kejenuhan Anda.

3. Melakukan hal-hal yang tidak sempat Anda lakukan waktu bekerja

Satu hal yang baik tentang pengangguran adalah memiliki jadwal yang agak fleksibel. Hal ini memberi Anda kesempatan untuk mengambil waktu istirahat siang hari untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan ketika Anda telah bekerja.

Misalnya, Anda dapat pergi mengkuti karyawisata sekolah anak Anda, makan siang dengan dengan teman lama, dan lain sebagainya.

4. Kerjakan pekerjaan rumah tangga

Ketika Anda sedang bekerja, pasti Anda akan merasa lelah setiap pulang kerja. Kondisi ini terkadang membuat pekerjaan rumah tangga Anda terbengkalai. Untuk menikmati masa tanpa pekerjaan, Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan lemari atau lukisan.

5. Menjadi relawan

Mencari hal yang dapat menguatkan Anda salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan keterampilan dan bakat yang Anda miliki. Anda dapat bekerja pada proyek sosial pada akhir pekan. Lalu selain itu, menjadi relawan dapat memberikan kesempatan besar untuk membuka relasi. Membantu orang lain, bisa membuat Anda merasa lebih baik.

6. Belajar keterampilan baru

Belajar sesuatu yang baru dapat membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri. Selain tentunya, meningkatkan nilai ketramoilan Anda.

Apabila Anda tidak ingin menghabiskan banyak anggaran untuk kursus, Anda dapat melakukan kursus online gratis.

7. Bergabung dengan kelompok pencari kerja

Anda dapat dengan mudah emnemukan kelompok pencari kerja melalui situs online.

Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas lain seperti, perpustakaan setempat, rumah-rumah ibadah dan pusat-pusat komunitas. Berbagilah pengalaman dengan orang lain yang berada dalam situasi yang sama, niscaya beban Anda akan semakin ringan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini