nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PIDATO PRESIDEN: Jokowi Sambut Era Keterbukaan Informasi Pajak, APBN Semakin Kokoh!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 12:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 16 20 1756949 pidato-presiden-jokowi-sambut-era-keterbukaan-informasi-pajak-apbn-semakin-kokoh-Xq7YmbT847.JPG Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Sidang Anggota Dewan yang terhormat, yang telah menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan Untuk Kepentingan Perpajakan.

"Kita optimis bahwa dengan Perppu tersebut, APBN Indonesia akan semakin kokoh karena sumber kekuatannya berasal langsung dari rakyat, dan setiap Rupiahnya digunakan untuk kepentingan rakyat," kata Jokowi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Baca Juga: PIDATO PRESIDEN: Jokowi Tak Ingin Kesejahteraan Hanya Dinikmati Sekelompok Orang!

Selain itu, Indonesia lanjut Jokowi juga semakin siap menyambut era keterbukaan informasi internasional yang memberlakukan Sistem Pertukaran Informasi Otomatis (Automatic Exchange of Information/AEoI).

"Selanjutnya, dalam menatap daya saing Indonesia ke depan, kita harus mengantisipasi perubahan dunia yang sangat cepat dan serba digital. Kita harus terus meningkatkan efisiensi dan daya saing nasional dengan terobosan digital di kerja-kerja birokrasi, pelayanan rakyat, pengembangan UMKM, cara kerja ekonomi nasional dan penyaluran bantuan sosial dan subsidi non-tunai," imbuhnya.

Baca Juga: PIDATO PRESIDEN: Harga BBM Sangat Mahal di Papua, 'Ini Tidak Boleh Terjadi di Negeri Pancasila!'

Menurut Jokowi, Indonesia akan menjadi bangsa maju yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia apabila memiliki daya saing. Salah satu penggerus daya saing adalah korupsi.

"Ini musuh kita bersama. Karena itu, di depan Sidang Bersama yang terhormat ini, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama memerangi korupsi. Pemerintah mendukung setiap usaha, dari semua pihak, dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi serta memperkuat KPK," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini